Ragam  

3 Tips Menghindari Bau Kaki Pada Saat Menggunakan Sepatu

SehatQ foto

HALOSMI.COM- Sering kali kaki kita di buat bau pada saat menggunakan sepatu. Alasan yang sangat banyak terjadi adalah ketika kamu malas menggunakan kaos kaki sehingga keringat kaki langsung menempel pada sepatu sehingga menimbulkan bau tak sedap.

Ini adalah hal yang bisa membuat seseorang tidak percaya diri. Bayangkan jika kamu seharian berada di luar ruangan, seketika pacarmu mengajak ke rumahnya dan mengharuskan kamu untuk membuka sepatu, bau tak sedap akan menganggu orang-orang sekitar apalagi orangtua pasanganmu sendiri.

Jangan sampai kesan buruk tersebut terjadi. Maka, hindari hal-hal yang akan membuat kakimu bau pada saat menggunakan sepatu, disarankan lakukan 4 hal ini :

Pastikan Kakimu Terus Dalam Keadaan Kering

salah satu penyebab sepatu dan kaki menjadi bau adalah keringat, cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah menjaga kaki tetap kering, terutama saat tidak memakai kaus kaki. Karena sebenarnya aroma tidak sedap pada kaki dan sepatu ditimbulkan dari bakteri yang ada pada keringat di telapak kaki dan sela-sela jari kaki kita.

Sering-seringlah membuka sepatu dan membiarkan kaki terkena angin. Karena dengan melakukan dua cara tersebut, maka akan membuat telapak kaki dan sela-sela jari kaki tetap kering sehingga mencegah bau pada sepatu dan kaki.

Rutin Membersihkan Kaki 

Cara yang paling efektif untuk menghindari bau pada kaki adalah dengan rutin membersihkan kaki. Rendamlah kaki dalam beberapa menit menggunakan air hangat yang di taburi garam laut. Cukup lakukan hal ini 2-3 kali dalam seminggu.

Jika kamu tidak memiliki garam, rendam kaki dengan cuka apel atau cuka putih dengan campuran dua tetes cuka yang dicampur dengan air hangat juga bisa mengurangi aroma tidak sedap pada kaki.

Hal yang sangat simplenya adalah gosok telapak kaki dan sela-sela jari kaki menggunakan sabun pada saat kamu mandi lalu pastikan kaki dikeringkan dengan sempurna menggunakan handuk.

Gunakan Bedak Pada Kaki

Hal ini bisa kamu lakukan ketika kamu sedang malas menggunakan kaos kaki. Agar kaki tidak lembab, gunakan bedak pada kaki khususnya telapak kaki. Hal ini agar tidak muncul bau tak sedap. Gunakan bedak merk apapun seperti bedak bayi ataupun bedak tabur lainnya.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News