Ragam  

4 Cara Cegah Kelabang Masuk Ke Dalam Rumah

Foto : Doc. Rumah.com

HALOSMI.COM- Kelabang merupakan kelas dari binatang berbisa bertubuh pipih, bersegmen seperti cacing, berkaki banyak, bersendi, bagian depannya beracun. Meski cenderung tidak berbahaya dan tidak agresif terhadap manusia. Namun, sayangnya kelabang berpotensi menggigit manusia jika tidak sengaja terinjak atau merasa terancam,

Digigit kelabang dapat menimbulkan nyeri, bengkak, gatal, dan kemerahan di area yang tergigit. Jika keluhan tidak parah dan tidak timbul tanda-tanda komplikasi, luka akibat digigit kelabang dapat ditangani dengan perawatan di rumah. Untuk bisa menghindari hal tersebut, perlu untuk kita bisa mencegah kelabang agar tidak masuk ke dalam rumah. Berikut beberapa cara mencegah kelabang masuk ke rumah:

Tutup Akses Masuk Kelabang

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kelabang dan hama lain di dalam rumah adalah dengan menutup celah, Jika kamu berdiri di luar pintu atau jendela dan dapat melihat cahaya bersinar dari dalam, kamu perlu menutup celah tersebut. Periksa sapuan pintu, kusen, dan cuaca yang melucuti semua pintu dan jendela dan memperbaikinya sesuai kebutuhan. Hanya celah kecil yang dibutuhkan kelabang untuk masuk ke dalam rumah, jadi dempul alas tiang dan gunakan penyegel.

Rutin Membersihkan Rumah 

Perlu untuk kita rutin membersihkan rumah dengan memiliki jadwal pembersihan di rumah, dan pemberantasan akan berperan dalam mencegah berkembangnya masalah kelabang karena itu berarti lebih sedikit makanan dan lebih sedikit tempat untuk bersembunyi.

Apalagi dalam menjaga agar kamar mandi tetap bersih dan kering serta kurangi pengembunan dengan menjaganya tetap berventilasi baik, dengan jendela terbuka meski hanya sedikit, mengingat kelabang menyukai suhu dingin daripada panas. Kelabang mencari makan di malam hari untuk serangga kecil, larvanya, dan laba-laba untuk dimakan, jadi menyingkirkan laba-laba dan hama kecil lainnya melalui penyedotan debu akan membantu pengendalian.

Gunakan Produk Mengandung Piretroid

Ada produk yang bisa mencegah kelabang. Menurut Matt Smith dari Green Pest Management, hal terbaik untuk digunakan adalah produk berbahan dasar piretroid, karena ini adalah pestisida pencegah dan pembunuh kontak yang baik.

Kamu bisa mencari bahan aktif yang berakhiran ‘thrin’ seperti permethrin, cypermethrin, cyhalothrin, bifenthrin, ungkap Tyler Hawkins dari Fox Pest Control. Produk ini menawarkan residu yang panjang dan bekerja melawan biologi kelabang. Kelabang merawat diri secara teratur dan akan menelan produk begitu mereka mendapatkannya di tubuh mereka karena berjalan melalui area yang telah dirawat.

Gunakan Aroma yang Tidak Disukai Kelabang

Peppermint dan tea tree mengganggu jejak aroma hama, feromon, dan organ sensorik, dan mereka bahkan dapat membantu membunuh hama saat bersentuhan. Tak terkecuali kelabang, ujar Allan Bossel dari Michigan Bed Bug Specialists.

Namun, minyak esensial tidak memiliki kemampuan untuk mengusir hama dari rumah, juga tidak praktis untuk mencegah dan mengatasi serangan hama. Cara terbaik untuk mengusir kelabang, dan banyak hama lainnya, adalah dengan membersihkan rumah, membuang sumber makanan, dan berkonsultasi dengan profesional, saran Bossel.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *