Ragam  

4 Macam Fobia yang Sering di Alami Oleh Kebanyakan Orang

Foto : Doc. Fenesia.com

HALOSMI.COM- Fobia adalah jenis gangguan kecemasan yang ditimbulkan oleh ketakutan akan hal atau situasi tertentu. Rasa takut biasanya begitu kuat sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang.

Baca juga : Kenali 4 Tanda Pasanganmu Selingkuh : Mulai dari Cuek Hingga Sulit di Hubungi

Ada banyak jenis fobia spesifik yang mungkin dialami seseorang, tetapi gejala kecemasan yang muncul sebagai respons terhadap rasa takut hampir sama pada setiap orang. Di antaranya yaitu detak jantung yang cepat, hyperventilating atau napas berlebihan, berkeringat, gemetar, hingga merasa mual.

Baca juga : 4 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat di Kala Musim Hujan

Berikut macam- macam fobia paling umum yang perlu kamu kenali :

Arcophobia ( Takut Ketinggian )

Foto : Doc. PnGtree

Fobia ini adalah yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Acrophobia merupakan rasa takut terhadap ketinggian. Orang dengan akrofobia umumnya akan mengalami gejala sakit kepala, yang juga dikenal sebagai vertigo, sebagai respons terhadap situasi di mana mereka merasa berada amat terlalu tinggi dari tanah.

Sebagai respon terhadap fobia tersebut, seseorang tersebut biasanya akan diam di tempat dan tidak dapat bergerak. Tingkat keparahan fobia ini dapat sangat bervariasi. Pada beberapa orang, rasa takut akan timbul dari berdiri di atas sebuah gedung tinggi, sementara pada orang lain itu dapat muncul hanya dengan menaiki tangga.

Glossophobia ( Takut Berbicara di Depan Umum)

Foto : Doc. Tahu Pedia

Glossophobia adalah rasa takut berbicara di depan umum. Fobia ini dapat dilihat ketika seseorang takut berbicara di depan sekelompok orang. Ketakutan ini dapat sangat bervariasi, dari menjadi sangat gugup ketika berdiri di depan orang banyak hingga tidak dapat berbicara sama sekali.

Biasanya, Orang dengan glossophobia akan menghindari berbicara di depan umum , bahkan orang dengan fobia ini selalu menghindari pekerjaan yang membutuhkan berbicara di depan umum. Seperti halnya fobia sosial, ini mungkin berasal dari rasa takut dipermalukan di depan orang lain.

Astraphobia ( Takut Kilat dan Petir ) 

Orang dengan astraphobia kemungkinan akan selalu mendapat informasi terbaru tentang cuaca dan akan menghindari meninggalkan rumah jika ada badai. Hal ini dikarenakan astraphobia adalah ketakutan akan kilat dan petir. Orang dengan astraphobia akan mengalami gejala kecemasan yang ekstrem selama badai, yang berkali-kali akan semakin kuat jika orang itu sedang sendirian.

Saat badai, mereka akan sering menemukan tempat yang aman untuk bersembunyi, di mana kebisingan suara badai dan kilat akan berkurang.

Ophidiophobia (Takut Ular)

Foto : Doc. Pinterest

Fobia ini merupakan rasa takut pada reptil pada umumnya, tetapi orang-orang dengan ophidiophobia secara khusus takut pada ular. Mereka akan terkejut di tempat seekor ular, seringkali melompat, menjerit atau menangis.

Orang dengan ophidiophobia juga akan menghindari tempat-tempat yang berkemungkinan ditemukannya ular. Mereka akan menghindari untuk berpartisipasi dalam kegiatan luar ruangan terutama seperti berkemah, mendaki gunung, jelajah alam dan semacamnya.

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Editor: Putri Ayu Ratna Sari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *