Bareng Operasi Lilin Lodaya 2023, BNNK Sukabumi Lakukan Tes Urine Awak dan Sopir Bus

HALOSMI.COM – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sukabumi melaksanakan screning deteksi narkoba tes urine terhadap puluhan sopir bus di sejumlah terminal bus di wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi, Senin 17 April 2023.

Kegiatan tersebut di laksanakan dalam rangka  Operasi Ketupat Lodaya 2023.

Kepala BNNK Sukabumi Dr M Retno Daru Dewi mengatakan tes urine tersebut di laksanakan

bersama Dishub Kabupaten dan Kota Sukabumi Sukabumi, Polres Sukabumi Kota, Polres Sukabumi dan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dalam rangka kesiapan dan kelayakan angkutan pengemudi di Terminal Jubleg Kabupaten Sukabumi melaksanakan tes urine sekaligus memberikan sosialisasi P4GN (Pencegahan,Pemberantasan,Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) bagi awak kendaraan umum dan bus yang beroperasi di wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata BNNK Sukabumi, Polres Sukabumi, Polres Sukabumi Kota, Dishub Kabupaten dan Kota Sukabumi serta Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dalam menunjang kesiapan mudik lebaran serta merupakan upaya P4GN di wilayah Sukabumi,” kata Retno dalam keterangannya, Senin 17 April 2023.

Lanjutnya, kegiatan tes urine ini diikuti oleh 40 orang pengemudi angkutan umum di Terminal Tipe B Palabuhanratu Sukabumi dan Teriminal Tipe A KH. Sanusi Kota Sukabumi.

“Kali ini langkah yang dilakukan oleh petugas gabungan merupakan komitmen bersama dalam perang melawan narkoba, termasuk kegiatan seperti ini merupakan agenda rutin BNNK Sukabumi yang bersinergi dengan unsur lainnya di Kabupaten dan Kota Sukabumi demi mewujudkan Sukabumi Bersih Narkoba,” terang Retno.

Selain itu, Retno menyebutkan, tes urine tersebut juga dilaksanakan untuk memastikan tidak hanya sisi sarana dan prasarana yang laik beroperasi, namun sisi pengendaranya juga turut di cek untuk di pastikan siap melayani para pemudik selama masa arus mudik dan balik Lebaran.

“Hasil pemeriksaan dari 40 orang yang di cek urin semunya negative,” ungkap Retno. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News