Begini Tanggapan Habib Jafar usai Salam Beda Agama di Haramkan MUI

HALOSMI.COM- Mengulas Persoalan tentang MUI mengharamkan ucapkan salam atau selamat kepada beda agama, banyak pro kontra dalam persoalan ini, dan habib Ja’far pun beri tanggapan untuk soal ini.

Di awal video, Habib Jafar menjawab pertanyaan dan di akhir video menunjukkan momen dirinya salim ke Romo Magnis Suseno.

“Ya udah, kita salim aja ke non-muslim, tetap toleran kan? Bahkan lebih tuh,” kata Habib Husein santai.

Lebih lanjut, Habib Husein menjelaskan makna toleransi yang disebutnya adalah rasa anugerah dari Tuhan untuk manusia.

Menurutnya, rasa toleransi akan sampai kepada hati orang-orang yang berbeda, baik agama atau keyakinan, melalui beragam ekspresi. Asalnya, orang tersebut berhati-hati dalam mengekspresikannya.

“Toleransi adalah rasa dalam hati yang dianugerahkan Tuhan pada kita, semua manusia (terlebih Muslim). Asal hati-hati, ia akan sampai ke hati mereka yang berbeda dengan kita melalui berbagai ekspresi,” tulis Habib Jafar dalam keterangan unggahan.

“Yang setuju pakai salam, oke. Yang tak setuju, bisa dengan salim. Yang tak setuju salam maupun salim, bisa dengan senyum. Sesungguhnya Islam itu mudah,” tutupnya.

Fatwa Majelis Ulama Indonesia yang mengharamkan Umat Islam untuk mengucapkan salam kepada penganut agama lain menjadi kontroversi.

MUI menilai bahwa mengucapkan salam lintas agama berdimensi doa agama lain adalah haram dilakukan oleh umat Muslim.

“Pengucapan salam yang berdimensi doa khusus agama lain oleh umat Islam hukumnya haram,” kata Ketua MUI Bidang Fatwa Prof Asrorun Niam Sholeh.

Jadi Guys kita sebagai umat muslim harus tetap toleransi ya selagi itu menjadi hal yang wajar kenapa harus di haramkan?

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News