News  

Benarkah Sandra Dewi Jadi Tersangka? Begini Respon Pengacara

HALOSMI.COM- Baru-baru ini Sandra Dewi Tengah Jadi Sorotan Kembali Buntut dari Kasus Sang Suami, Nah Kabarnya Sandra Dewi Ikut jadi Tersangka apakah tuduhan itu benar?

Kuasa hukum Sandra Dewi, Harris Arthur Hedar, menepis isu yang beredar bahwa kliennya sudah berstatus tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah tahun 2015-2022.

Harris mengatakan status istri Harvey Moeis (HM) itu masih sebagai saksi.

“Kalau Bu Sandra kembali saya tegaskan itu fitnah, dan Bu Sandra statusnya tetap sebagai saksi,” kata Harris saat dimintai konfirmasi, Rabu 5 Juni 2024.

Isu liar mengenai Sandra Dewi menjadi tersangka ini beredar di media sosial.

Terpisah, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana juga membantah kabar itu. Ketut juga menegaskan bahwa Sandra masih berstatus sebagai saksi.

“Belum ada pernyataan resmi dari penyidik dalam penetapan tersangka yang bersangkutan, artinya sampai saat ini masih status yang bersangkutan sebagai saksi,” ucap Ketut.

Ketut mengatakan setiap informasi baru dalam kasus yang menyebabkan kerugian negara hingga Rp 300 triliun itu akan diinformasikan kepada publik.

Selain itu, Ketut menyebutkan perkara terkait suami Harvey Moeis hingga kini masih dalam proses pemberkasan.

“Masih tahap pemberkasan,” ucap Ketut.

Sebagaimana diketahui, Sandra Dewi telah dua kali menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Kejagung. Dia diperiksa pada Rabu 15 Mei 2024 dan Kamis 4 April 2024.

Adapun Kejagung telah menetapkan total 22 tersangka dalam perkara tersebut. Para tersangka diduga mengakomodasi kegiatan pertambangan liar atau ilegal di wilayah Bangka Belitung untuk mendapatkan keuntungan.

Harvey Moeis Tersangka

Suami Sandra Dewi, Harvey Moeis, telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022. Harvey jadi tersangka dalam perannya sebagai perpanjangan tangan dari PT RBT.

“Setelah dilakukan pemeriksaan secara intensif, tim penyidik memandang telah cukup alat bukti sehingga yang bersangkutan kita tingkatkan statusnya sebagai tersangka, yaitu Saudara HM, selaku perpanjangan tangan dari PT RBT,” ujar Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Kuntadi, di kantor Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu 27 Maret Malam.

Selain menjadi tersangka pada pokok perkara, Kejagung juga menjerat Harvey Moeis sebagai tersangka dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

“Untuk TPPU, yang bersangkutan sudah kita tetapkan tersangka TPPU ya, HM,” kata Kuntadi di kantornya, Kamis 4 April 2024.

Dalam perkara ini, penyidik sudah melakukan beberapa penggeledahan di kediaman artis asal Bangka Belitung itu.

Sejumlah asetnya pun disita, terdiri atas tujuh kendaraan mewah, jam tangan mewah, hingga sejumlah dokumen penting.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News