Ragam  

Berikan 5 Pertanyaan Penting ini Untuk di Diskusikan Sebelum Memutuskan Untuk Menikah

klik dokter

HALOSMI.COM- Menikah adalah sebuah hal yang sakral dan bukan hal yang dijadikan sebagai sebuah hal yang biasa saja. Karena semua harapan manusia bisa menjalani sebuah pernikahan sekali seumur hidup, maka jangan sampai kita tidak mempersiapkannya secara matang.

Menyatukan dua kepada di dalam satu rumah bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu sebelum pernikahan berlangsung, suatu keharusan kita memulai keterbukaan mengenai pembicaraan yang sangat penting di bicarakan untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

Topik konseling pranikah terbaik untuk didiskusikan adalah topik yang akan membuat pasangan merasa siap, membuka jalur komunikasi, dan membicarakan masalah potensial yang mungkin dihadapi pasangan di masa depan. Berikut hal yang wajib kamu tanyakan dan diskusikan sebelum memutuskan untuk menikah :

Finansial 

Seperti tidak pantas untuk membahas hal ini apalagi mempertanyakan mengenai finansial kepada seseorang, namun ini adalah hal yang sangat bahkan paling penting. Hal ini dikarenakan banyaknya perceraian yang di sebabkan oleh masalah ekonomi.

Maka dari itu topik yang harus didiskusikan adalah anggaran pernikahan dan bulan madu, hutang apa saja yang harus dibayar, dan bagaimana tagihan akan ditangani setelah menikah, siapa saja yang akan bekerja, dan bagaimana mengatur keuangan rumah tangga.

Membahas topik ini mungkin canggung pada awalnya, tetapi penting, jujurlah tentang situasi keuanganmu sebelum menggabungkan uang dan aset bersama pasangan. Ingatlah untuk membahas keuangan pernikahan, sebelum kamu menikah karena ini adalah salah satu pernyataan terbaik yang perlu didiskusikan pada pasangan.

Cara Mengatasi Sebuah Masalah 

Pastikan kamu sudah mengenal sikap bahkan sifat pasanganmu sebelum kamu menikah. Dengan kamu tahu semuanya kamu dapat menilai bagaimana cara dia mengatasi sebuah permasalahan yang nantinya akan terjadi. Karena sebuah kehidupan apalagi sebuah rumah tangga pasti dan akan memiliki sebuah permasalahan sekecil apapun itu. Jadi tinggal bagaimana kamu mengatasinya bersama pasanganmu.

Dimulai dari sebuah komunikasi. Komunikasi itu penting agar pernikahan tetap kuat dan bersatu. Resolusi konflik adalah bagian besar dari proses komunikasi. Kamu perlu mengetahui cara menyelesaikan konflik, menekankan pentingnya mendengarkan dan berempati dengan pasangan, dan menyelidiki lebih dalam sebuah permasalahan.

Jangan sampai kamu dan pasanganmu kabur dari masalah. Kamu harus bisa melewatinya bersama-sama dengan ketenangan segenap jiwa.

Pentingnya Agama dan Toleransi 

Kamu harus mengetahui seberapa penting sebuah agama dalam hidup pasanganmu. Karena sesungguhnya tujuan menikah adalah untuk bisa beribadah bersama, dan sama-sama menjadi pribadi yang lebih baik lagi untuk bisa mencapai surganya. Bahkan jika salah satu pasangan memiliki keyakinan agama atau spiritual yang kuat dan yang lainnya tidak, saran dapat dibuat tentang bagaimana agama akan berperan dalam pernikahan dan pengasuhan anak.

Begitupun dengan toleransi. Sebuah perbedaan harus dijadikan sebagai pelengkap bukan sebagai penghalang, jadi pentingnya bertoleransi dalam sebuah perbedaan.

Perselingkuhan 

Kebanyakan orang ketika membahas mengenai poin ini sangatlah menggebu-gebu. Karena ini adalah sebuah kesalahan yang tidak bisa untuk di maafkan bagi sebagian orang. Bagaimana pandangan masing-masing mengenai perselingkuhan, cara menghindari dan bagaimana cara mengatasinya jika diantara kalian di hadapkan dengan sebuah perselingkuhan. Karena tidak ada hal yang tidak mungkin terjadi di dalam sebuah pernikahan sekalipun perselingkuhan.

Peran Orangtua Terhadap Anak 

Tidak bisa kita pungkiri, waktu mengandung dengan usia pernikahan terkadang tidak terlalu jauh. Jadi sebelum terlambat, hal ini harus di diskusikan sebelum menikah. Untuk menciptakan anak yang berkualitas, di butuhkan juga peran orangtua yang berkualitas. Maka dari itu diskusikan bagaimana menciptakan sebuah pola asuh anak, sikap terhadap anak sampai pendidikannyapun harus di fikirkan.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News