Berikut Ini Pengaruh TikTok Bagi Kesehatan Mental Gen Z!

HALOSMI.COM- Aplikasi TikTok Tengah Mendunia, Bahkan TikTok digunakan lebih dari 40 Negara dari kalangan lansia hingga balita loh! Lalu apa dampak pengaruh TikTok bagi kesehatan mental khusunya gen z?

Dibalik penggunaan aplikasi TikTok tersebut, tentu saja ada pengaruh dan dampak bagi mental seseorang.

Berikut ini pengaruh TikTok terhadap kesehatan remaja, anak muda, atau Gen Z.

Baik atau buruk ya? Yuk simak selengkapnya!

1. Mendorong Kesepian dan Isolasi

Menemukan komunitas dan validasi di TikTok sangat penting untuk perkembangan remaja.

Kaum muda yang mengalami kecemasan sosial atau depresi, cenderung menghabiskan waktu lebih banyak di dunia maya.

Ketika seseorang yang tidak terlibat di dalam dunia dengan cara yang sehat seperti berinteraksi dengan orang lain, berbicara di kelas, menghadapi konflik dengan teman sebaya, hal ini bisa memperburuk perasaan putus asa, terisolasi, cemas, dan depresi.

Selain itu orang dewasa muda yang cenderung membandingkan dengan apa yang mereka lihat di sosial media berpotensi mengalami risiko peningkatan depresi dan isolasi.

Namun, para peneliti juga menemukan dampak positif dari penggunaan TikTok dan media sosial lainnya oleh anak muda.

2. Memperburuk Kondisi Mental

Dalam sebuah penelitian menunjukkan gejala yang memburuk yang diyakini mungkin disebabkan karena menonton konten TikTok secara online.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa cyberbullying hingga pengucilan sosial terjadi berdampak pada tingkat masalah kesehatan mental yang lebih tinggi pada remaja.

Penelitian lainnya mengkonfirmasi bahwa anak-anak dengan kesehatan mental yang kompleks dan pemicu stres atau trauma lingkungan bisa mengalami peningkatan gejala emosional setelah menonton TikTok.

Di samping dampak buruk yang terjadi pada kesehatan mental, salah satu manfaat yang bisa diambil yaitu bisa dengan mudah membicarakan kesehatan mental di TikTok.

Banyak kreator TikTok yang membagikan pengalaman dirinya mengidap penyakit mental. Hingga akhirnya, mereka bisa saling berbagi cerita dan berdialog tentang gejala yang mereka alami.

4. Validasi dan Komunitas Anak Muda

TikTok dianggap membantu menemukan komunitas anak muda terlebih ketika lockdown saat pandemi covid-19.

Seorang pengguna TikTok menganalisis dan berbagi tentang diagnosis ADHD memengaruhi kehidupan sehari-harinya hingga ia pun bisa terhubung dengan banyak orang tentang perjalanan kesehatan mentalnya.

Seorang praktisi perawat kesehatan mental dan psikoterapis, Kojo Sarfo yang memiliki lebih dari 1,9 juta pengikut di TikTok setuju dan memuji bahwa aplikasi tersebut menciptakan ruang untuk mereka yang memiliki kondisi kesehatan mental dapat merasa memiliki teman seperjuangan karena topik kesehatan mental masih tabu di masyarakat.

Nah itu beberapa pengaruh TikTok terhadap Gen Z, menurut kalian gimana guys?

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News