BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem, Ini Daftar Daerahnya!

Prakiraan Cuaca BMKG (Sumber : BMKG)
Prakiraan Cuaca BMKG (Sumber : BMKG)

HALOSMI.COM – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem pada Besok, 1 September 2023.

Dikutip dari laman resmi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Menurut laporan dari BMKG, cuaca ekstrem terjadi di 14 wilayah di Indonesia.

Terdapat 5 wilayah yang berpotensi mengalami angin kencang pada esok hari. Sementara 9 lainnya akan berpotensi hujan lebat dan disertai kilat dan angin kencang.

 

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang disertai kilat dan amgin kencang : 

– Jawa Barat

– Kalimantan Utara

– Sulawesi Utara

– Maluku Utara

– Sumatera Utara

 

Wlayah yang berpotensi terjadi angin kencang: 

– Nusa Tenggara Barat

– Nusa Tenggara Timur

– Sulawesi Barat

– Sulawesi Selatan

– Sulawesi Tenggara

– Aceh

– Sumatera Utara

 

Pemicu cuaca ekstrem akibat daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang dari perairan barat Sumatera Utara hingga Selat Malaka dari Sumatera Barat hingga Riau.

Selain di Jawa Tengah, Laut natuna di perairan selatan Kalimantan Selatan, di utara Kalimatan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di NTT juga terjadi konvergensi.

Di laut Banda hingga Papua, dan dari Papua hingga Papua Barat juga mengalami konvergensi yang memanjang. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang konversi tersebut.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News