Daging di Freezer Susah Mencair? Lakukan Hal Ini Agar Cepat Lunak

HALOSMI.COM- Tempat paling ideal untuk menyimpan daging adalah di kulkas, lebih tepatnya dalam freezer. Daging termasuk bahan makanan yang mudah terkontaminasi dan membusuk jika dibiarkan di suhu ruang. Lalu gimana kalau daging susah mencair? Nah lakukan hal ini agar cepat lunak.

Saat disimpan di dalam freezer, daging akan membeku dan dingin. Kondisi inilah yang akan menghambat bakteri berkembang biak di permukaan daging. Dengan begitu, daging jadi nggak mudah busuk hingga berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan.

Sayangnya, hal ini juga menimbulkan tantangan tersendiri. Kondisi daging yang beku pasti mengeras dan sulit diolah. Kamu harus mencairkannya terlebih dahulu agar teksturnya kembali lembut seperti semula.

Salah satu cara yang mungkin sering dilakukan adalah dengan merendam ayam atau daging di air dengan suhu sedang. Tapi cara ini juga terbilang lama, kurang lebih butuh waktu 30-45 menit agar ayam atau daging benar-benar mencair.

Cara mudah mencairkan ayam atau daging beku tanpa alat dan cepat sebenarnya hanya butuh tiga bahan saja, yaitu sebagai berikut.

Bahan:

• cuka

• garam

• air dengan suhu sedang

Caranya:

1. Campurkan garam dan cuka dalam perbandingan satu banding satu. Misal satu sendok makan garam maka cukanya juga harus satu sendok makan.

2. Campurkan dan larutkan ke dalam daging yang sebelumnya direndam air dengan suhu sedang. Aduk-aduk ayam yang telah direndam di dalam larutan. Ayam atau daging ini harus terendam air larutan garam dan cuka.

3. Hanya dalam waktu kurang lebih tujuh menit, ayam dan daging sudah tidak beku dan siap dimasak.

Jika Anda juga ingin mencairkan seafood beku, lakukan cara yang sama. Seafood hanya butuh waktu lima menit untuk mencair pakai cara ini.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News