Ragam  

Dijamin Semua Daki Terangkat ! Berikut Cara Membuat Lulur Alami yang Berkhasiat

meramuda

HALOSMI.COM – Lulur merupakan sediaan kosmetik tradisional yang diresepkan dari turun-tenurun yang digunakan untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran dan membuka pori-pori sehingga pertukaran udara bebas dan kulit menjadi lebih cerah dan putih.

Banyak sekali toko kecantikan yang menjual beragam lulur namun dengan harga yang cukup mahal. Jika kamu memiliki waktu yang senggang, disarankan untuk bisa membuat langsung lulur dari bahan alami yang pastinya lebih murah dan terjamin keamanannya. Berikut cara membuat lulur alami yang bisa mengangkat semua kotoran yang ada pada kulitmu :

Lulur Kopi 

Selain bermanfaat untuk kesehatan dalam tubuh, ternyata kopi juga bermanfaat untuk bisa mencerahkan kulit tubuh. Hal ini dikarenakan kafein yang ada di dalam kopi dapat membantu mengurangi penampilan selulit. Kopi kaya akan antioksidan yang membantu melawan selulit dan penumpukan sel kulit mati.

Cara Membuat lulur dari kopi sebagai berikut :

Bahan-bahan:

  • 1/2 cangkir bubuk kopi
  • Air hangat secukupnya
  • 1 sendok teh minyak kelapa/minyak zaitun yang sudah di hangatkan.

Cara menggunakan:

  • Tambahkan bubuk kopi dan air hangat ke mangkuk. Aduk rata dengan sendok.
  • Tambahkan minyak kelapa/minyak zaitun. Jika perlu, tambahkan lebih banyak ampas kopi atau lebih banyak minyak untuk mendapatkan konsistensi pasta.
  • Bersihkan tubuh dan luluri kulit dengan campuran ini. Gunakan jari-jari untuk memijat lulur dengan lembut, dengan gerakan memutar pada kulit. Pijat selama 5-10 menit untuk eksfoliasi kulit. Luangkan 1-2 menit untuk setiap bagian tubuh.
  • Bilas hasil luluran dari tubuh setelah didiamkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat untuk melembabkan kulit.

Lulur Beras dengan Perasan Lemon

Selain sebagai makanan pokok yang biasa kita olah menjadi nasi, ternyata beras memiliki fungsi lain untuk kesehatan kulit. Dengan menggunkan bahan beras ini akan membantu untuk mengangkat sel kulit mati sekali glus dapat membantu mencerahkan kulit tubuh dan kulit wajah.

Sedangkan perasan lemon sendiri sangat kaya akan kandungan vitamin C. Tidak hanya sebagai antioksidan dan vitamin C, tetapi bisa juga sebagai bahan pencerah alami.

Cara membuat lulur beras dengan perasan lemon sebagai berikut :

Bahan:

  • 50 gram beras.
  • 1/2 buah lemon.

Cara menggunakan:

Hancurkan beras hingga halus, namun sisakan sedikit butiran kasarnya. Tuangkan beras ke dalam wadah, lalu masukkan perasan air lemon. Aduk sampai tercampur rata dan gosokkan lembut ke seluruh permukaan kulit.

Lulur Garam 

Butiran garam laut bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan menjadikan kulit lebih sehat. Namun jangan memilih butiran garam yang terlalu kasar agar tidak menggores dan melukai kulit.

Cara Membuat lulur dari kopi sebagai berikut :

Bahan:

  • 100 gram garam laut.
  • Minyak zaitun secukupnya.

Cara menggunakan:

Campurkan kedua bahan dalam satu wadah, aduk sampai rata. Jika belum mendapatkan konsistensi yang diinginkan, tambahkan garam atau minyak lagi sampai membentuk pasta. Lulur bisa langsung digunakan atau disimpan di dalam wadah kedap udara.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News