“bjb

DKP3 Kota Sukabumi Pastikan Stok Bapokting Aman Hingga Akhir Tahun

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, Adrian Hariadi. Foto: Nuria Ariawan/HALOSMI.
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, Adrian Hariadi. Foto: Nuria Ariawan/HALOSMI.

HALOSMI.COM – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi memastikan stok Bahan Pokok Penting (Bapokting) di beberapa pasar tradisional maupun pasar modern aman hingga akhir tahun 2023.

Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Adrian Hariadi, mengatakan saat ini kondisi cuaca sudah memasuki musim hujan. Hal tersebut tentu dapat dipastikan stok bapokting di beberapa pasar aman terkendali, karena para petani sudah mulai bergerak melakukan penanaman padi.

“Ya sekarang sudah mulai turun hujan, jadi para petani sudah mulai bergerak melakukan penanaman padi, ya mudah-mudahan kedepan stok untuk wilayah Kota Sukabumi semakin aman. Dipastikan untuk stok akhir tahun aman. Insya Allah aman,” ujar Adrian, kepada awak media, Rabu 8 November 2023.

Ia menjelaskan, hasil dari pengecekan ke lokasi-lokasi pedagang beras di Kota Sukabumi yang dilakukan pihaknya ini bisa dipastikan aman. Terlebih, para pedagang mendapatkan pasokan bapokting itu dari Kabupaten Sukabumi dan Cianjur.

“Prioritas sekarang kan harga beras yang semakin meningkat, Alhamdulillah dengan turunnya bantuan pangan beras itu juga salah satu sisi untuk menstabilkan harga beras juga, termasuk kegiatan-kegiatan GPM ini salah satu sisi untuk menstabilkan,” ungkapnya.

Selain beras, kata dia, pihaknya juga mendapatkan bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) untuk penanaman bibit bawang merah dari Brebes. Hal ini bertujuan juga untuk menstabilkan harga bawang merah.

“Insya Allah mulai bulan November Desember ini kita akan melakukan gerakan tanam bawang merah, terutama di wilayah Cibeureum, kita sudah mulai merintis. Kedepan untuk harga bawang merah kita coba bantu dalam pasokannya,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *