El Nino Diprediksi Terjadi di Bulan Agustus, BPBD Kota Sukabumi Imbau Masyarakat

Ilustrasi dampak El Nino. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi dampak El Nino. (Foto: Istimewa).

HALOSMI.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mengimbau kepada masyarakat terkait El Nino yang diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), akan terjadi di Bulan Agustus hingga September 2023.

Berikut himbauan dan langkah bagi masyarakat terkait El Nino yang disampaikan oleh Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami.

Menghemat air:

Menghemat penggunaan air sebisa mungkin untuk mengatasi potensi kekeringan akibat El Nino.

Waspada terjadinya kebakaran hutan dan lahan maupun perumahan:

El Nino dapat meningkatkan risiko kebakaran, sehingga harus waspada dan tidak membakar sampah sembarangan.

Perhatikan kondisi kesehatan:

Cuaca yang panas dapat berdampak pada kesehatan. Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan cukup, dan melindungi diri dari sinar matahari langsung.

Perbanyak tanaman tahan kekeringan:

Jika memungkinkan, tanamlah tanaman yang lebih tahan terhadap kekeringan.

Ikuti perkembangan informasi cuaca:

Tetap up-to-date dengan perkembangan cuaca dan peringatan terkait El Nino dari pihak berwenang.

Siapkan rencana darurat:

Persiapkan diri dengan rencana darurat jika terjadi situasi yang memerlukan evakuasi atau tindakan mendesak.

“Pada intinya, kita mengimbau kepada masyarakat agar melakukan langkah kesiapsiagaan. Pastikan untuk selalu mengikuti instruksi dan himbauan resmi dari pihak berwenang, seperti BPBD untuk menghadapi dampak El Nino dengan lebih baik,” kata Zulkarnain, kepada HALOSMI.COM, melalui pesan singkat, Selasa 1 Agustus 2023.

Diberitakan sebelumnya, BMKG menyebut puncak El Nino akan terjadi mulai Agustus hingga September. El Nino sendiri merupakan fenomena cuaca yang dapat menyebabkan perubahan iklim dan cuaca ekstrem yang signifikan di berbagai wilayah, termasuk di Kota Sukabumi.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami, mengatakan dampak dari El Nino itu berupa peningkatan suhu, dan kemarau yang lebih panjang, serta potensi penurunan pasokan air tanah.

“Dampak El Nino di Kota Sukabumi akan bergantung pada intensitas dan durasi dari peristiwa El Nino yang terjadi,” ujarnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News