Forkopimda Kota Sukabumi Mitigasi Aliran Sungai Cimandiri, Ini Sasarannya!

Forkopimda Kota Sukabumi lakukan mitigasi bencana dengan cara menyusuri aliran Sungai Cimandiri, di wilayah Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, pada Selasa, 9 Januari 2024. Foto: Dokpim Kota Sukabumi.
Forkopimda Kota Sukabumi lakukan mitigasi bencana dengan cara menyusuri aliran Sungai Cimandiri, di wilayah Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, pada Selasa, 9 Januari 2024. Foto: Dokpim Kota Sukabumi.

HALOSMI.COM – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) melaksanakan kegiatan mitigasi bencana dengan cara menyusuri sepanjang aliran Sungai Cimandiri, di wilayah Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, pada Selasa, 9 Januari 2024.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Pj. Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo, Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Yudhi Hariyanto dan Sekda Kota Sukabumi, Dida Sembada.

Dengan menggunakan sejumlah perahu serta dilengkapi berbagai alat pengamanan khusus olahraga arum jeram, rombongan unsur Forkopimda Kota Sukabumi tersebut menyusuri aliran Sungai Cimandiri.

Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, mengatakan kegiatan bersama yang dilakukannya tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi untuk meminimalisir terjadinya bencana alam pasca memasuki musim penghujan.

“Memasuki musim penghujan ini, kita mengecek titik-titik yang berpotensi menjadi bencana, termasuk juga pembersihan sampah. Tadi saya lihat di sepanjang pinggiran sungai, sampahnya sudah bersih, tapi ada beberapa titik yang memang nanti oleh ahlinya atau BPBD, karena memang arusnya deras, secara bertahap, sedikit demi sedikit saja,” ujar Kusmana, kepada awak media.

Selain itu, kegiatan ini dimanfaatkan pula untuk meninjau potensi Sungai Cimandiri sebagai destinasi wisata alam di Kota Sukabumi. Maka dari itu, diharapkan kedepannya dengan beberapa pembenahan, Sungai Cimandiri bisa dijadikan objek wisata andalan daerah.

“Pertama kita mitigasi beberapa lokasi yang berpotensi terjadinya bencana. Termasuk juga merupakan potensi yang bisa menjadi destinasi wisata bagi Kota Sukabumi. Tadi kami menikmati, ternyata kita punya potensi alam tidak kalah dari daerah lain, dan ini menjanjikan kedepannya,” ungkapnya.

“Alhamdulilah, ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi, barangkali nanti tugas Dinas Pariwisata, pemuda dan olahraga. Itu juga harus ditata sedemikian rupa agar bisa dimanfaatkan sebagai sarana wisata arum jeram baik untuk warga Kota maupun Kabupaten Sukabumi, atau dari luar kota, seperti Bandung dan kota lainnya,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *