Format Baru SIM Bergambar Kendaraan Berlaku Mulai Juli 2024

Ilustrasi. Format SIM dengan menyematkan logo kendaraan mulai berlaku pada Juli 2024. Foto: Istimewa.
Ilustrasi. Format SIM dengan menyematkan logo kendaraan mulai berlaku pada Juli 2024. Foto: Istimewa.

HALOSMI.COM – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bakal mengubah format Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan menyematkan logo kendaraan sesuai kategorinya. Format SIM baru ini berlaku pada Juli 2024.

Kasubdit SIM, Kombes Pol Heru Sutopo, menjelaskan penyematan logo kendaraan pada SIM itu berfungsi untuk memudahkan polisi luar dan dalam negeri untuk mengetahui peruntukan SIM yang digunakan.

“Fungsingnya untuk memudahkan masyarakat dan petugas atau petugas kepolisian luar negeri mengetahui peruntukan jenis SIM sesuai dengan gambar kendaraan yang tertera di dalam SIM,” kata Heru, dikutip dari CNN Indonesia, Jumat, 14 Juni 2024.

Ia mengungkapkan, target penyematan logo kendaraan ini bakal dilaksanakan pada Juli 2024.

“Kita usahakan Juli bisa kita terapkan,” ucapnya.

Sejauh ini, Polri belum menjelaskan detail tentang gambar kendaraan pada format SIM baru. Namun kemungkinan rupanya seperti mobil penumpang untuk SIM A, sepeda motor untuk SIM C atau mobil barang untuk SIM B2.

“Tim IT Korlantas Polri tengah mempersiapkan format di setiap Satpas agar logo kendaraan tertera saat SIM dicetak,” terangnya.

Lebih lanjut, kata Heru, gambar kendaraan pada SIM diterapkan untuk menyesuaikan penerapan pengakuan SIM Indonesia di luar negeri, terutama ASEAN.

ASEAN telah memiliki perjanjian pengakuan SIM yang dikeluarkan masing-masing negara, yakni Agreement on the Recognition of Domestic Driving License Issued yang terbit pada 1985.

Negara yang masuk dalam perjanjian itu adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Thailand, Laos, Myanmar dan Brunei Darussalam. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News