Giat Pengawasan Digelar Tertutup, Pj Wali Kota Sebut Ada Temuan BPK Selama 2023

Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji. Foto: Nuria Ariawan/HALOSMI.
Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji. Foto: Nuria Ariawan/HALOSMI.

HALOSMI.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, mengungkap ada beberapa dugaan temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama tahun 2023. Namun tidak menyebutkan secara rinci apa yang menjadi hasil dari temuan BPK.

Hal itu di beberkan Kusmana usai melaksanakan acara pembukaan Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda), yang digelar secara tertutup di salah satu hotel di Kota Sukabumi, pada Rabu, 27 Desember 2023.

Kusmana menjelaskan, kegiatan itu dilaksanakan untuk mengingatkan kembali terkait peran seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menciptakan Clean Government (kota yang bersih) agar memahami beberapa tindak lanjut yang seharusnya segera ditindaklanjuti karena ada dugaan temuan dari BPK.

“Ada beberapa temuan yang mungkin juga semenjak 2023 sampai dengan saat ini. Tapi alhamdulillah sebetulnya cukup baik, tapi ada beberapa yang perlu juga bisa ditindaklanjuti. Ini menjadi tanggung jawab kepala OPD, walaupun pada temuannya di masa beliau-beliau sebelum menduduki jabatan itu,” ujarnya.

Menanggapi hasil dugaan temuan dari BPK itu, kata dia, pihaknya akan segera menindaklanjutinya. Kendati demikian, temuan BPK itu bisa jadi ada yang sudah selesai, ada yang dalam proses dan ada juga yang belum ditindaklanjuti.

“Nah nanti di inventarisir mana-mana yang menjadi tugas OPD masing-masing, apakah ada permasalahan proses dan tinggal diselesaikan, apakah nanti belum ditindaklanjuti. Jadi apa sih sebetulnya kendala yang dihadapi,” bebernya.

Kusmana menegaskan, adanya dugaan temuan dari BPK itu merupakan peran yang harus dilakukan oleh inspektorat. Pasalnya, inspektorat itu bukan hanya memeriksa, justru harus mendampingi dan juga memberikan solusi.

“Ya kan peran inspektorat itu bukan hanya memeriksa, dan seharusnya memberikan solusi bila nanti ada bentuk-bentuk lain sesuai dengan temuan dari BPK, BPKPD maupun dari APIK (Akuntabel, Profesional, Integritas, Komitmen) sendiri,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News