Ragam  

Happy Weekend , Waktunya Mencuci Baju! Pastikan Pakaianmu Tidak Luntur dengan Menggunakan 4 Cara ini

Foto : Doc. Hipwee

HALOSMI.COM – Baju yang menumpuk di dalam kamar akan menyebabkan bau tidak sedap bahkan nyamuk berdatangan. Maka dari itu manfaatkan waktu liburmu untuk mencuci semua tumpukan baju yang ada di dalam kamar ataupun di keranjang baju kotormu.

Bagi sebagian orang, menyuci adalah kegiatan yang sangat melelahkan bahkan menyebalkan. Selain harus mengeringkan dan menjemurnya, pada saat proses mencucipun terkadang selalu ada saja yang kelunturan. Rasanya sangat memalukan ketika kita harus memakai pakaian yang luntur karena salah mencuci atau sudah mulai pudar warnanya.

Maka dari itu jangan asal mencuci, kamu harus menggunakan cara mencuci baju yang benar. Caranya kamu bisa memperhatikan beberapa kondisi dalam mencuci pakaian. Simak artikel berikut ini.

Balik Baju

Terkadang seseorang selalu asal menumpuk baju di mesin cuci, ketika sudah penuh mereka selalu memutar mesin waktunya tanpa melihat kondisi baju yang ada didalamnya. Padahal ini adalah hal yang terlihat spele dan akan membuat bajumu menjadi kusam atau bahkan kelunturan.

Alangkah baiknya sebelum kamu memasukannya kedalam mesin cuci ataupun akan menyuci manual menggunakan tangan, pastikan bajumu yang indah itu di balik terlebih dahulu. Membalik baju merupakan salah satu cara mencuci baju yang benar agar tidak luntur dan pudar.

Apalagi jika baju kamu berwarna gelap, selalu balik baju saat mencucinya. Pastikan bagian dalam baju berada di luar. Ini karena warna gelap menyerap panas lebih banyak dan ini berpeluang membuat warna pada baju cepat pudar.

Gunakan Deterjen yang Tepat 

Teruntuk kamu yang sering mencuci baju, pastikan deterjen yang kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan bajumu. Karena ada beberapa produk deterjen atau pelembut pakaian yang juga bisa membuat warna pada pakaian tetap terjaga dan awet. Maka dari itu, perlu untuk kamu membaca terlebih dahulu keterangan yang ada di dalam produk deterjen untuk bisa memilih kebutuhan pakaianmu dengan tepat.

Apalagi ketika kamu menggunakan mesin cuci, pastikan kamu mengatur kecepatan dan waktu dengan tepat, biasanya akan ada petunjuk tertentu pada deterjen dan mesin cuci.

Jangan Mencuci di Mesin Cuci yang Penuh 

Mencuci pakaian menggunakan mesin cuci adalah teknik yang bisa meringankan kerjaan kita. Karena tidak ingin bolak-balik mencuci sampai 3 kali bilasan, menjadikan kamu menumpuk pakaian yang ada di mesin cuci. Selain akan membuat mesin cucimu cepat rusak, hal ini akan menyebabkan pakaianmu tidak bersih bahkan luntur.

Dengan begitu, lebih baik mencuci berkali-kali mencuci daripada hasil cucian tidak maksimal apalagi cucianmu menjadi kelunturan. Jadi, selalu perhatikan jumlah pakaian yang telah kamu masukkan ke mesin cuci sebagai cara mencuci baju yang benar.

Gunakan Air Dingin 

Mungkin ada beberapa bahan baju yang di rekomendasikan untuk di cuci menggunakan air hangat atau panas. Namun jangan samakan hal itu dengan bahan lainnya yang malah akan membuat bajumu menjadi pudar dan luntur. Jadi, jika kamu ingin mempertahankan warna sebaiknya gunakan air dingin karena warna akan awet.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *