Hari Pertama Pendaftaran, KPU Sebut Belum ada Parpol yang Serahkan Daftar Bakal Calon DPR

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

HALOSMI.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah membuka pendaftaran bakal calon anggota DPR RI di Ruang Sidang Utama, KPU RI, Jakarta pada Senin 1 Mei 2023  sejak pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Anggota KPU RI Idham Holik mengatakan, hari pertama pendaftaran bakal calon anggota DPR RI belum ada partai politik (parpol) peserta pemilu menyerahkan daftar bakal calon anggota DPR RI. 

“Hari ini, belum ada partai politik tingkat pusat yang menyerahkan daftar bakal calon anggota DPR RI kepada KPU RI,” kata Idham dikutip dari laman Antara pada Senin 1 Mei 2023.

Menurut Idham, masyarakat pun dapat memantau pendaftaran tersebut secara daring melalui kanal YouTube KPU RI. Namun, hingga pukul 16.00 WIB, tidak ada satu pun partai politik tampak hadir di Ruang Sidang Utama KPU RI.

Sementara itu, Deputi Bidang Dukungan Teknis Sekretariat Jenderal KPU RI Eberta Kawima telah menyampaikan seluruh jajaran KPU mulai dari tingkat pusat hingga daerah siap menerima pendaftaran bakal caleg DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten dan kota, serta calon anggota DPD untuk Pemilu 2024.

“Bukan hanya di KPU RI, di tanggal yang sama juga karena memang dilaksanakan serentak se-Indonesia, jajaran kami yang ada di KPU provinsi dan KPU kabupaten dan kota, ada 38 provinsi dan 514 kabupaten dan kota. Semua siap-siap melaksanakan hal yang sama, semua siap menerima tamu (partai politik yang akan mendaftar),” kata Eberta.

Diketahui penerimaan pendaftaran bakal calon legislatif DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten dan kota, serta calon anggota DPD untuk Pemilu 2024 dilaksanakan pada 1-14 Mei 2023.

KPU akan melayani pendaftaran bakal caleg Pemilu 2024 dengan jam operasional pukul 08.00-16.00 waktu setempat untuk tanggal 1-13 Mei 2023.

“Untuk hari terakhir, tanggal 14 Mei 2023, akan dilakukan mulai pada pukul 08.00-23.59 waktu setempat,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News