News  

Hindari 3 Makanan Olahan ini Sebelum Kamu Terkena Kolestrol

Fimela

HALOSMI.COM – Kolestrol adalah lemak yang di produksi oleh tubuh. Biasanya, kolesterol membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. Dalam kadar yang sesuai, ini sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal.

Namun akan menjadi berbahaya jika kamu malah memiliki kolestrol yang berlebih. Hal ini sangat berbahaya bagi tubuh karena akan menyebabkan berbagai penyakit dan komplikasi. Biasanya seseorang  yang memiliki penyakit kolestrol berasal dari asupan makanan yang tidak sehat. Karena pada dasarnya kolestrol berasal dari makanan hewani.

Berikut tiga makanan olahan yang bisa menyebabkan kolestrol tinggi :

Gorengan 

Gorengan adalah cemilan yang di gemari oleh kebanyakan orang indonesia. Selain rasanya yang gurih, gorengan memiliki harga yang sangat terjangkau. Biasanya gorengan selalu menjadi pelengkap ketika kita sedang menikmati secangkir teh hangat ataupun kopi.

Namun tanpa kita sadari, gorengan atau makanan yang digoreng apalagi dengan minyak yang dipakai berulang kali ternyata juga dapat memicu tingginya kolesterol. Oleh karena itu, kamu harus mengurangi konsumsi makanan yang digoreng ataupun mengganti minyak yang digunakan dengan minyak yang lebih sehat.

Olahan Susu

Olahan susu seperti mentega dan keju dapat memicu kolesterol jahat apabila dikonsumsi secara berlebihan. Sebaiknya jika kamu ingin mengkonsumsi susu, pilihlah susu yang memang terbuat dari bahan nabati, seperti susu kedelai atau susu almond.

Olahan Daging

Hindari makanan olahan daging secara berlebih seperti sosis, nugget, dan bakso masuk dalam sumber kolesterol jahat karena memiliki natrium dan lemak jenuh yang tinggi. Apabila mengkonsumsi daging olahan secara berlebihan maka lama-lama akan menyumbat pembuluh darah yang dapat mengakibatkan penyakit stroke atau jantung.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News