Ini 5 Daerah Pilkada di Jabar yang Berpeluang Diikuti Calon Independen

Pilkada Serentak 2024.
Pilkada Serentak 2024.

HALOSMI.COM – KPU Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyebut ada lima daerah di provinsi itu yang berpeluang akan melaksanakan Pilbup/Pilwakot dengan diikuti calon jalur perseorangan atau independen pada Pilkada serentak 2024.

Para calon independen itu telah memenuhi syarat awal untuk diverifikasi pencalonannya dari jalur perseorangan tersebut. Selanjutnya mereka akan melanjutkan tahapan untuk memastikan keabsahan keikutsertaan para peserta calon independen tersebut.

Ketua Divisi Teknis KPU Provinsi Jabar, Adie Saputro, mengatakan lima daerah yang ada calon independen itu diantaranya Subang, Sumedang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Banjar.

“Di Pilkada serentak di Jabar ini, ada lima bakal calon dari jalur perseorangan yang memenuhi syarat untuk dilakukan vermin (verifikasi administrasi),” ujar Adie, dikutip dari CNN Indonesia, Kamis, 30 Mei 2024.

Dua Tahap Verifikasi Lanjutan

Adi mengungkapkan, lima bakal calon pasangan itu dinyatakan memenuhi syarat jumlah dukungan minimal untuk maju melalui jalur perseorangan. Namun, kelimanya tak bisa langsung lolos otomatis sebagai pasangan calon karena berkas persyaratannya akan diverifikasi kembali oleh KPU.

Ada dua tahap verifikasi lanjutan yang harus dilewati, yaitu berupa verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Verifikasi tersebut sekaligus untuk meneliti keabsahan berkas dukungan para bakal pasangan calon perseorangan.

Namun jika ada yang tak sesuai, maka akan dinyatakan sebagai kekurangan yang harus diperbaiki dua kali lipat oleh kandidat yang bersangkutan. Verifikasi administrasi ini dilaksanakan pada 29 Mei kemarin.

“Setelah vermin, ada verfak (verifikasi faktual). Setelah itu baru akan direkap kekurangannya berapa, baru nanti kekurangannya akan dikali dua,” jelasnya.

Tak Ada Calon Independen di Pilgub Jabar

Selain itu, Adi juga menegaskan Pilgub Jabar 2024 tidam diikuti bakal pasangan calon dari jalur perseorangan.

Saat jadwal pendaftarannya dibuka pada 8-12 Mei lalu, kata dia, tidak ada satupun pasangan yang menyerahkan syarat minimal dukungan untuk jalur perseorangan.

“Pilgub Jabar dipastikan tidak ada calon dari jalur perseorangan. Karena tidak ada satupun bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang menyerahkan syarat minimal dukungan 2.321.000, yang tersebar di 14 kabupaten/kota untuk jalur perseorangan,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News