Ini Dia Batas Aman Minum Kopi Menurut Dokter Gizi!

Foto : Doc. Rumah Mesin

HALOSMI.COM- Untuk menunjang produktivitas kerja, beberapa orang bisa minum kopi 1-2 gelas setiap hari, Namun ada batas aman minum kopi juga loh.

Seperti yang diketahui, kopi adalah salah satu minuman yang mengandung kafein yang bermanfaat untuk menambah energi dan meningkatkan konsentrasi.

Dokter spesialis gizi klinik dr Christopher Andrian, MGizi, SpGK, menjelaskan kandungan kopi yang perlu diperhatikan adalah kafein. Untuk orang dewasa, batas aman kafein dalam sehari sekitar 200 mg hingga 400 mg per hari.

“Itu setara 2-3 gelas kopi. Tapi, tergantung dari jenis dan berapa banyak kopinya. Jadi, jangan shot kopinya ditambahin sekali minum, itu berlebihan juga,” kata dr Christopher.

“Kenapa harus dibatasi, karena akan berisiko dengan serangan jantung. Semakin tinggi intake kafein, risiko serangan jantungnya semakin tinggi,” lanjutnya.

Pada beberapa orang, kafein memang bisa memberikan efek positif untuk tubuhnya. dr Christopher mengatakan sifat kafein pada sebagian orang bisa bersifat protektif untuk melindungi dari serangan jantung.

“Tapi, perlu diingat caffein intake-nya itu kira-kira 200-400 mg per hari,” beber dr Christopher.

“Dan kafein itu tidak hanya ada di kopi. Bisa pada teh, coklat, minuman bersoda, sampai suplemen gym. Jadi, harus diperhatikan juga supaya nggak berlebihan,” pungkasnya.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News