Ini Loh! Alasan Gen Z Lebih Susah Punya Rumah Dibanding Milenial

HALOSMI.COM- Kalian Merasa Gak Sih Kalau Gen Z itu Selalu lebih sulit memiliki apa-apa termasuk punya rumah di usia muda dibandingkan dengan Gen Milenial?

Salah satu Dosen Manajemen membeberkan perbedaan signifikan antara tantangan yang dihadapi oleh generasi Z dan generasi milenial dalam membeli rumah. Salah satunya terdapat pada faktor gaji.

Gaji Milenial Lebih Stabil

Ia menjelaskan jika kenaikan gaji generasi milenial jauh lebih stabil dibandingkan dengan Gen Z. Gen Z sering kali harus menghadapi stagnasi upah.

Di samping itu, generasi milenial dinilai lebih mudah mendapat kredit atau pinjaman pada masanya.

Situasi ekonomi pasca pandemi juga memengaruhi kemampuan Gen Z untuk memiliki rumah sendiri.

Tak sedikit Gen Z yang bekerja di sektor informal dengan label gig economy atau perekrutan sistem kerja dengan jangka pendek yang tidak memiliki tunjangan kesehatan, pendidikan anak, dan jaminan hari tua.

Gen Z Lebih Melek Finansial

Kendati demikian, jika Gen Z cenderung lebih melek terhadap teknologi dan lebih sadar akan pentingnya investasi sejak dini.

Namun, pengetahuan dan kemampuan menggunakan teknologi juga harus dibarengi dengan locus of control dan behavioral finance yang baik.

Locus of control adalah kendali atas keputusan finansial dan tidak mudah terpengaruh oleh faktor eksternal, seperti tekanan gaya hidup dan adanya kemudahan dari aplikasi Pay Later.

Hal yang dapat dilakukan oleh Gen Z adalah dengan meningkatkan keterampilan dan pendidikannya. Pendekatan ini dapat membuka peluang pekerjaan yang lebih baik dan stabil.

Nah jadi itu guys alasannya kenapa sih Gen Z di usia muda atau di usia yang sudah cukup memiliki apa-apa tapi nyatanya masih nol, tapi jangan berkecil hati Kalian sebagai Gen Z harus semangat dan berusaha keras ya!

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News