Ini Skenario Indonesia Bisa Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia

Laga Timnas Indonesia vs Irak pada laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis, 6 Juni 2024. Foto: PSSI.
Laga Timnas Indonesia vs Irak pada laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis, 6 Juni 2024. Foto: PSSI.

HALOSMI.COM – Skenario Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah kalah dari Irak bisa terwujud dengan beberapa kondisi.

Diketahui, Indonesia gagal menambah poin dalam matchday kelima setelah kalah dari Irak, Kamis kemarin, 6 Juni 2024. Dengan demikian, Skuad Garuda hingga saat ini masih mengantongi tujuh poin dari lima pertandingan.

Menempati peringkat kedua di klasemen Grup F, Indonesia berada dalam ancaman Vietnam yang mengemas enam poin dari lima pertandingan.

Babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 masih menyisakan satu laga lagi dan hanya ada dua negara teratas di masing-masing grup yang berhak lolos ke babak ketiga.

Pada laga terakhir, yang berlangsung Selasa 11 Juni 2024 mendatang, Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina. Sementara Vietnam bakal bertamu ke Irak.

Berikut skenario Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, dikutip dari CNN Indonesia, Jumat, 7 Juni 2024.

Menang atas Filipina

Ini adalah cara paling aman dan yang terbaik untuk lolos ke fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dengan kemenngan atas Filipina, Indonesia akan memiliki 10 poin dan tidak akan bisa dikejar Vietnam yang hanya bisa meraih sembilan poin sebagai poin maksimal.

Dengan demikian, kemenangan atas Filipina membuat Indonesia tak perlu menggantungkan diri dengan hasil dalam laga lain guna melaju ke babak selanjutnya.

Seri Lawan Filipina

Indonesia juga masih punya harapan melaju ke fase selanjutnya jika hanya bermain imbang melawan Filipina, namun harus berharap Vietnam juga tidak bisa menang lawan Irak.

Dengan kondisi Indonesia seri lawan Filipina dan seandainya Vietnam seri atau kalah saat bertemu Filipina, maka tim Merah Putih dipastikan menjadi runner up Grup F dan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Hanya saja, seandainya Indonesia seri dan Vietnam menang atas Irak, maka pupus harapan anak bangsa melihat tim jagoannya berlaga menghadapi lawan-lawan yang lebih bergengsi pada fase berikutnya.

Kalah dari Filipina

Hasil terburuk dalam sebuah pertandingan adalah kekalahan. Namun seandainya Indonesia takluk dari Filipina, masih terdapat peluang yang terbuka untuk masuk ke babak selanjutnya.

Syarat Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 seandainya kalah dari Filipina adalah Vietnam juga kalah dari Irak pada matchday keenam.

Jika Indonesia kalah dan Vietnam kalah, maka posisi klasemen tidak akan berubah. Namun yahg menjadi bahaya adalah, jika Indonesia kalah dari Filipina dan Vietnam bisa menahan imbang atau bahkan menang atas Irak.

Seandainya Indonesia kalah dari Filipina dan Vietnam imbang melawan Irak, maka poin akan setara. Merujuk peraturan yang berlaku, poin kedua yang diperhitungkan dalam klasemen setelah jumlah poin adalah selisih gol yang dicetak sebuah kesebelasan.

Saat ini Indonesia dan Vietnam sama-sama punya selisih gol minus dua. Jika Indonesia kalah dan Vietnam imbang, otomatis selisih gol Indonesia menjadi lebih buruk dan akan turun peringkat. Apalagi jika Vietnam menang atas Irak, maka Indonesia akan kalah poin. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News