Ragam  

Jangan Lupakan 4 Hal ini Sebelum Mudik dan Meninggalkan Rumah, Dijamin Aman dari Maling !

Foto : Doc. Sehat Aqua

HALOSMI.COM- Kini hari cuti lebaran sudah mulai terhitung di hari ini, artinya teruntuk kalian yang sudah menantikan bertemu keluarga tercinta sudah saatnya untuk mudik sebelum jalanan macet.  Namun jangan sampaikan untuk memperhatikan keamanan rumah pada saat mau mudik.

Pastikan keamanan rumah sudah kamu fikirkan sebelum meninggalkannya. Berikut ini beberapa tips aman meninggalkan rumah selama ditinggalkan ke kampung halaman. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Matikan Kompor Gas dan Cabut Semua Colokan Listrik

Agar terhindar dari hal-hal yang tiidak diinginkan, ada baiknya Anda memeriksa kembali semua colokan dan gas. Ketika akan meninggalakn rumah untuk mudik, ada baiknya Anda mencabut seluruh perangkat elektronik serta selang gas. Hal tersebut perlu dilakukan agar rumah Anda terhindar dari kemungkinan terjadinya kebakaran.

Pastikan Semua Pintu dan Jendela Sudah Terkunci 

Jangan lupa untuk mengunci semua pintu dan jendela. Sebab, baik pintu atau jendela bisa menjadi jalan bagi pencuri untuk masuk ke rumah. Apabila tidak dibawa, ada baiknya Anda tidak menyimpan kunci rumah di bawah pot tanaman, keset atau tempat lainnya. Karena ditakutkan tempat-tempat tersebut mudah ditemukan oleh pencuri.

Bawa atau Simpan Barang Berharga di Tempat Terkunci 

Sangat disarankan untuk menyimpan barang berharga seperti perhiasan, surat-surat penting, atau di tempat yang memiliki kunci seperti laci kecil, lemari, atau safety box. Selain itu, kamu juga harus membawa kunci tersebut selama mudik lebaran. Hal tersebut mesti dilakukan apabila Anda akan pergi mudik ke kampung halaman dengan waktu yang cukup lama.

Memasang Alarm Pengaman dan CCTV

Pastikan kamu memasang alarm di rumah demi keamanan ekstra. kamu juga bisa memasang gembok beralarm di pagar rumah. Dengan begitu, alarm akan berbunyi saat rumah dimasuki secara paksa dan tetangga serta petugas keamanan setempat bisa langsung bertindak ketika mendengar alarm.

Bahkan, Anda juga bisa memasang CCTV yang dapat dipantau dari jarak jauh. Pastikan Anda memasangnya di area-area akses vital seperti halaman depan, pintu masuk depan, pintu belakang, ruang tengah, kamar hingga halaman belakang.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News