Jangan Sampai Rambutmu Habis! Simak Cara Merawat Rambut Agar Tidak Rontok

aladokter foto

HALOSMI.COM- Rambut merupakan mahkota bagi wanita, maka dari itu suatu keharusan menjaga mahkota yang kita miliki dengan sangat baik. Namun sangat disayangkan tidak sedikit orang khususnya wanita mengalami kerontokan pada rambut karena beberapa faktor.

Rambut rontok  merupakan kondisi yang umum terjadi. Dalam 1 hari, normalnya akan ada sekitar 50–100 helai rambut yang gugur. Jika jumlahnya lebih dari itu dan berlangsung terus-menerus, kondisi kerontokan rambut sudah dianggap berlebihan dan perlu diwaspadai.

Bagi Anda yang ingin memiliki rambut lembut dan kuat, dan terhindar dari kerontokan, berikut beberapa cara merawat rambut rontok yang bisa dilakukan :

Jangan Terlalu Sering Keramas 

Banyak orang mengira keramas setiap hari dapat menjaga kondisi rambut tetap sehat. Padahal hal ini yang menyebabkan rambut rontok bahkan kering juga mudah patah, dan terlihat lebih tipis. Oleh karena itu, agar rambut tidak mudah rontok, Anda disarankan untuk keramas sebanyak 1–3 kali seminggu saja dan mengeringkan rambut dengan handuk secara lembut.

Gunakan Lidah Buaya dan Minyak Kelapa

Lidah buaya diyakini dapat mengurangi kerontokan, ketombe dan produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Hal ini sudah terbukti adanya dan banyak yang berhasil menangani kerontokan menggunakan lidah buaya. Selain itu lidah buaya dapat menjadikan rambut menjadi tebal, berkilau dan terlihat lebih sehat.

Di sisi lain, minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat menyerap ke dalam rambut dan menggantikan protein rambut yang hilang. Minyak kelapa juga dipercaya mampu menyuburkan rambut.

cara penggunaannya cukup oleskan lidah buaya atau minyak kelapa ke seluruh rambut, tunggu 30 menit dan bilas dengan air bersih.

Menggunakan Conditioner atau Masker Rambut Setelah Keramas

Menggunakan conditioner merupakan hal yang wajib dilakukan sebagai bagian dari perawatan rambut kering dan rontok.

Pasalnya, pemakaian conditioner dapat mencegah rambut Anda semakin kering. Cukup oleskan kondisioner mulai dari batang hingga ujung rambut.

Pastikan conditioner tersebut sudah digunakan merata dengan cara menyisirnya menggunakan tangan.

Anda juga bisa menggunakan conditioner sebagai masker rambut. Oleskan conditioner secara merata, lalu diamkan di rambut selama 5-10 menit sebelum dibilas.(*)

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News