Jelang Idul Adha, Pemkot Sukabumi Gelar Gerakan Pangan Murah di Kelurahan Sukakarya

Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, melakukan pemantauan GPM yang digelar di jalaman Kantor Kelurahan Sukakarya, pada Jumat, 14 Juni 2024. Foto: Dokpim Kota Sukabumi.
Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, melakukan pemantauan GPM yang digelar di jalaman Kantor Kelurahan Sukakarya, pada Jumat, 14 Juni 2024. Foto: Dokpim Kota Sukabumi.

HALOSMI.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) melaksanakan program Gerakan Pangan Murah (GPM) yang berlangsung di halaman Kantor Kelurahan Sukakarya, pada Jumat, 14 Juni 2024.

GPM merupakan program Pemkot Sukabumi untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok dengan harga lebih murah dan upaya menjaga kestabilan inflasi. Program ini rutin digelar menjelang hari besar keagamaan, seperti Idul Adha.

Dalam pelaksanaannya, DKP3 bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk Bulog, kelompok tani, distributor pangan, pengusaha pangan dan pelaku UMKM pangan. Hal ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan bahan pangan yang berkualitas dengan harga yang lebih murah bagi masyarakat.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, mengapresiasi program GPM yang telah membantu masyarakat. Ia berharap program ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan dan menjangkau lebih banyak masyarakat di Kota Sukabumi.

“Ya kami melakukan kunjungan ini untuk memastikan kelancaran pelaksanaan kegiatan ini, dan juga meninjau langsung ketersediaan bahan pangan yang dijual dengan harga terjangkau bagi masyarakat,” ujar Kusmana.

Pada GPM kali ini, berbagai komoditas pangan seperti beras, gula, minyak goreng, tepung terigu, mie instan, sayuran, buah-buahan, daging, ikan dan telur dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran.

“Program GPM ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang kurang mampu. Ini juga menjadi salah satu upaya Pemkot dalam menstabilkan inflasi. Harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran,” ungkapnya.

Selama tahun 2024 ini, kata dia, progean GPM telah dilaksanakan sebanyak 15 kali di berbagai lokasi di Kota Sukabumi. 14 program dibiayai APBD Kota Sukabumi, dan 1 program dibiayai dari anggaran dekonsentrasi dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat.

Program GPM mendapat sambutan positif dari masyarakat. Banyak dari mereka yang memanfaatkan kesempatan ini untuk membeli bahan pangan dengan harga terjangkau.

“Pelaksanaan GPM di Kelurahan Sukakarya sebagai lokus P2WKSS, kegiatan ini menjadi wadah untuk membangun entreupreneurship perempuan. Ada para perempuan dari Sukakarya yang ikut serta memasarkan produknya di kegiatan ini,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News