Kebakaran Gunung Gede Diduga Kuat Disengaja, Pria Berpakaian Putih Terekam CCTV 

Tangkapan Layar Rekaman CCTV Detik-detik Awal Terjadinya Kebakaran Yamg Menghabiskan 3 Hektare Lahan di Alun-Alun Surya Kencana TNGGP (Sumber : Balai Besar TNGGP)
Tangkapan Layar Rekaman CCTV Detik-detik Awal Terjadinya Kebakaran Yamg Menghabiskan 3 Hektare Lahan di Alun-Alun Surya Kencana TNGGP (Sumber : Balai Besar TNGGP)

HALOSMI.COM – Kebakaran Alun-alun Surya Kecana, di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) yang terjadi pada Senin, 18 September 2023 lalu diduga kuat disengaja. Kebakaran yang menghabiskan hampir 3 Hektar lahan dan tanaman Edelweis tersebut diduga sengaja dibakar.

Kepala Balai Besar TNGGP, Sapto Aji Prabowo mengungkapkan bahwa dari hasil penyelidikan terdapat seorang pria berkaos putih terekam CCTV diawal lokasi titik api baik sebelum asap muncul maupun setelah muncul asap.

“Ada dugaan unsur kesengajaan (dibakar),” kata Sapto dikutip dari Kompas.com, Senin, 25 September 2023.

Disebutkan dalam video berdurasi 1 menit 23 detik yang dirilis pihak balai memperlihatkan seorang berjalan menjauh dari lokasi kepulan asap.

Sapto mengungkapkan, orang yang diduga membakar tersebut berjalan dari arah Gunung Putri menuju Gunung Gemuruh. Namun, pihaknya sulit mengidentifikasi indentitas pelaku karena kamera perekam dalam posisi zoom out full.

“Menurut informasi yang menyampaikan ke kami, orangnya seperti kurang normal. Pas ditanyain diam, pas mau difoto reaksinya begitu, kayak gak normal seperti linglung. Sejauh ini dugaan pelaku 1 orang sebagaimana yang tampak di gambar CCTV,” jelas Sapto.

Kebakaran Alun-Alun Surya Kencana TNGGP ini terjadi pada Selasa, 19 September 2023 lalu. Luasan yang terbakar diklaim oleh pihak Balai Besar TNGGP mencapai 3 Hektar dan beberapa Edelweis pun ikut terbakar dalam kejadian tersebut. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News