Kenali, Manfaat Mandi Subuh untuk Kesehatan Fisik dan Mental

HALOSMI.COM- Mungkin Bagi Sebagian Orang Mandi Subuh Sudah Menjadi Hal yang biasa, Namun Masih banyak juga orang yang belum tahu kalau mandi subuh banyak manfaatnya untuk kesehatan fisik dan mental.

Mandi subuh sendiri merujuk pada waktu adzan subuh berkumandang, yaitu sekitar pukul 04.30-05.00.

Jika sudah terbiasa, mandi subuh bisa jadi aktivitas yang menyegarkan dan mempersiapkan tubuh dan pikiran untuk menjalani hari dengan semangat. Sistem kekebalan tubuh pun bisa semakin kuat, sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Berikut ini Manfaat Mandi Subuh

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat pertama dari mandi subuh adalah meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik berkontribusi pada transfer nutrisi ke banyak bagian tubuh.

2. Membantu Menghilangkan Stres

Banyak orang yang mengalami stres dan kecemasan di pagi hari. Mandi subuh dapat membuat tubuh menerima oksigen yang dibutuhkan. Kehadiran oksigen yang cukup di otak akan membantu menghilangkan stres.

3. Meredakan Batuk

Mandi pagi menjadi salah satu cara untuk meredakan batuk. Ketika sedang batuk atau pilek, semua lendir yang terkumpul sepanjang malam bisa membuat tenggorokan tidak nyaman.

Uap dari mandi air panas di pagi hari akan membantu mengencerkan dahak. Kamu juga bisa mencoba mandi aromaterapi dengan minyak kayu putih.

4. Relaksasi Otot

Nyeri otot yang mengganggu dapat diatasi dengan mandi subuh atau mandi pagi. Hal ni membuat tubuh rileks dan mencapai kondisi fisik yang nyaman.

5. Meningkatkan Imunitas

Mandi pagi bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memproduksi sel darah putih baru. Sel-sel ini berguna untuk membantu melawan bakteri, virus, dan mikroorganisme lain yang menyebabkan penyakit.

6. Meningkatkan Mood Positif

Mandi di pagi hari dapat membantu meningkatkan mood positif. Menurut penelitian, mandi air dingin di pagi hari membantu meningkatkan sistem saraf pusat dan menstimulasi kelenjar adrenal.

Dengan meluangkan waktu setiap pagi untuk menenangkan diri saat mandi, kamu bisa mendapatkan suasana hati yang lebih positif. Pola pikir terhadap tugas yang harus dikerjakan akan dirasakan dengan pandangan positif.

7. Meningkatkan Kesuburan

Mandi pagi bisa meningkatkan kesuburan pada pria. Bagi pasangan yang ingin mendapat keturunan, ada baiknya sang suami sering mandi pagi untuk mendapat potensi efek positif dalam hal ini.

Air dingin sendiri bisa memicu testosteron. Penelitian juga menunjukkan bahwa produksi sperma meningkat secara dramatis setelah mandi air dingin di pagi hari selama seminggu.

8. Mengatasi Jerawat

Orang yang memiliki jerawat dan memiliki kulit berminyak seringkali mengalami kondisi yang lebih buruk di pagi hari.

Mandi air dingin di pagi hari membantu menyeimbangkan dan mengatur minyak alami di kulit dan membantu mengurangi minyak berlebih, serta masalah seperti jerawat.

9. Membersihkan Tubuh dari Racun

Racun bisa datang dari makanan, minuman atau udara yang dihirup sehari-hari. Untuk membantu mengurangi kemungkinan zat-zat yang tidak diinginkan menumpuk di dalam tubuh, mandi air dingin di pagi hari bisa menjadi solusi yang baik.

Mandi air dingin dapat membantu merangsang aliran cairan limfatik yang membantu membersihkan tubuh dari racun. Hal ini dapat menjaga tubuh tetap sehat.

Itulah beberapa manfaat kesehatan dari mandi subuh atau mandi di pagi hari, yuk mulai dari besok lakukan aktivitas ini!

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News