“bjb

Kepala BMKG Beri Kabar Kapan El Nino akan Berakhir, Cek Disini!

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati. (Foto: BMKG)
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati. (Foto: BMKG)

 

HALOSMI.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan fenomena El Nino yang membuat kemarau panjang di Indonesia akan berakhir pada Maret, April 2024.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menjelaskan fenomena El Nino telah dimulai sejak Juli, dan akan berlanjut, bahkan indeksnya tahun depan.

“Sudah dimulai sekitar Juli hingga indeksnya tahun depan, kalau nggak salah sampai Januari, Februari itu masih nanti indeksnya itu ada akan terjadi berlanjut,” kata Dwikorita, dikutip dari sindonews, pada Selasa 26 September 2023.

Ia menjelaskan, pengaruh El Nino akan mulai mereda pada November, saat Indonesia mulai memasuki musim penghujan.

“Namun, kita diuntungkan November sudah mulai hujan. Jadi pengaruh El Nino itu menjadi seakan-akan terkalahkan dengan hujan,” ungkapnya.

“Nah ini prediksi El Nino. Jadi caranya memprediksi ini ada waktu ya, ini misalnya sekarang ini ya September, Oktober, November 2023. Nah kita lihat El Nino nya masih moderat. El Nino nya kan dimulai sejak Juni, Juli, lemah tapi meningkat jadi moderat mulai Juli, Agustus, (kemudian) September semakin meningkat, puncaknya ya, ini mulai turun setelah September, Oktober ini mulai turun ya turun-turun terus,” paparnya.

“Nah ini sampai bulan apa? Februari, Maret, April, ini lemah, moderat nya berakhir sekitar bulan Februari. Nah jadi sampai Maret, April itu masih El Nino,” tambahnya.

Dwikorita kembali mengatakan fenomena El Nino akan menurun pengaruhnya karena diuntungkan pada November yang mulai masuk musim penghujan.

“Jadi yang harusnya kita kekurangan curah hujan tapi mendapat pasokan di November itu anginnya sudah bertiup dari Asia yang membawa uap-uap air. Nah jadi karena ada hujan, Insya Allah keringnya ini pengaruhnya menjadi kalah dengan musim hujan,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *