Ketum PSSI Angkat Bicara Soal Polemik Elkan Baggott dan Timnas Indonesia

Elkan Baggott, saat membela Timnas Indonesia pada beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa.
Elkan Baggott, saat membela Timnas Indonesia pada beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa.

HALOSMI.COM – Ketua Umum PSSI Erick Thohir angkat bicara soal Elkan Baggott yang diisukan tidak memenuhi panggilan Timnas Indonesia U-23 saat melawan Guinea di playoff Olimpiade Paris 2024, pada 9 Mei lalu.

Erick mengharapkan seluruh pemain serius saat dipanggil Timnas Indonesia, tak terkecuali Baggott. Namun jika tidak mau bergabung, Erick mengatakan Timnas Indonesia akan jalan terus untuk mengukir prestasi.

“Kita juga enggak mau maksa, tapi kan tim Indonesia akan jalan terus tanpa siapapun, termasuk yang 11 ini. Ya kalau enggak mau main, ya kita cari lagi pemain lain yang mau Merah-Putih,” kata Erick, dikutip dari CNN Indonesia, Senin, 3 Juni 2024.

Erick menyatakan PSSI akan mencari pemain-pemain yang lain jika menang ada pemain yang tidak ingin membela Tim Merah Putih.

“Saya selalu bilang kita harus punya 2×11 pemain senior, jadi kita harus sama ratanya. Seperti hari ini kita lihat ketika berganti pemain, permainan kita tidak turun. Saya rasa sama. Sekarang ada Justin (Hubner), ada Jay (Idzes), ada (Rizky) Ridho, ada (Muhammad) Ferarri, ada Jordi (Amat), bahkan Nathan (Tjoe-A-On) bisa main ke bawah, Sandy Walsh bisa main ke bawah, cukup tebal,” ucap Erick.

“Jadi tentu kita harapkan persaingan pemain ada. Dan saya harapkan juga pemain harus serius, buat semua, ya bukan hanya buat Elkan. Buat semua pemain yang memang setengah-setengah memperkuat tim nasional. Ya, mungkin, prefer mungkin atau dia memilih dengan ya,” kata Erick menambahkan.

Kini Baggott pun tak dipanggil pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong untuk laga uji coba melawan Tanzania dan dua pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tim Garuda akan bersua Irak (6 Juni) dan Filipina (11 Juni) di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Saat memimpin sesi latihan perdana Timnas Indonesia jelang lawan Tanzania, STY tidak memberikan penjelasan yang gamblang terkait tidak dipanggilnya pemain Ipswich Town tersebut.

“Masalah Elkan mungkin langsung tanyakan kepada Elkan. Elkan yang lebih tahu,” ujar Shin dalam latihan pertama Timnas Indonesia.

Baggott sendiri sudah menghapus nama PSSI di bio Instagram miliknya. Ini lantas menimbulkan spekulasi lanjutan mengenai hubungan Baggott dengan PSSI. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News