KPU Kota Sukabumi Temukan Ribuan Surat Suara DPR RI yang Rusak

Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi melakukan pemeriksaan surat suara Pemilu 2024. Foto: Istimewa.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi melakukan pemeriksaan surat suara Pemilu 2024. Foto: Istimewa.

HALOSMI. COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menemukan ribuan surat suara DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) IV Kota/Kabupaten Sukabumi yang mengalami kerusakan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, temuan ribuan surat suara DPR RI itu setelah dilakukan sortir dan lipat surat suara oleh petugas KPU selama dua hari. Tercatat, dari jumlah surat suara yang telah di sortir itu ada sebanyak 152.139.

Namun demikian, dari hasil sortir yang sudah dilipat terdapat 148.239 yang kondisinya baik. Sementara 3.900 surat suara DPR RI lainnya mengalami kerusakan.

Ketua KPU Kota Sukabumi, Iman Sutrisno, mengatakan surat suara DPR RI yang mengalami kerusakan itu sudah pihaknya pisahkan dan didokumentasikan untuk ditindaklanjuti.

“Itu sudah dipisahkan di boks berlabel juga untuk mengantisipasi nanti tidak tercampur dengan yang lain dan dokumentasikan. Setelah itu kami sedang melakukan komunikasi dengan pihak penyedia untuk meminta ganti rugi,” ujarnya, kepada awak media, pada Rabu, 10 Januari 2024.

Kerusakan surat suara DPR RI itu, kata Imam, didominiasi banyaknya bercak tinta dibagian logo partai, nama Calon Legislatif (Caleg) dan sobek.

Dari bercak tinta itu, lanjut dia, pihaknya tidak melihat pola yang sama. Namun ia melihat bercak itu tidak cenderung di salah satu logo partai, begitu juga bercak tinta di mana Caleg.

“Jadi itu random. Sementara kami putuskan itu masuk dalam kategori surat suara rusak, mengantisipasi nanti pemilih menginterpretasikan sebagai petunjuk. Kita juga takut diprotes ini mengarahkan untuk memilih partai tertentu mengarahkan untuk memilih Caleg,” ungkapnya.

Imam menjelaskan, untuk surat suara DPR RI yang mengalami kerusakan masih tahap pemisahan dari yang baik. Pasalnya, penyortiran dan pelipatan masih berlangsung dilakukan.

“Sementara itu kita pisahkan dulu, nanti dimusnahkan atau tidaknya menunggu arahan dari KPU pusat,” tutupnya.

Selain itu, sambung dia, untuk surat suara yang sudah diterima oleh KPU Kota Sukabumi diantaranya, DPD RI, DPRD Kota Sukabumi, DPRD Provinsi dan DPR RI. Sementara untuk surat suara Capres-Cawapres masih tahap proses pihak percetakan.

“Yang belum itu cuma satu, surat suara untuk presiden dan wakil presiden. Insya Allah nanti hari ini akan kami jemput,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *