Malam Ini Super Full Moon Akan Muncul di Langit Indonesia

Ilustrasi Super Full Moon (Sumber : timeanddate)
Ilustrasi Super Full Moon (Sumber : timeanddate)

HALOSMI.COM – Fenomena Super Full Moon atau Purnama Perigee, akan terjadi pada malam ini, Rabu 30 Agutus 2023. Dilansir dari Space pada hari Rabu, 30 Agustus 2023 kita akan berkesempatan menyaksikan “supermoon”. Ini adalah istilah, atau lebih khusus lagi, sebuah branding, yang asal usulnya relatif baru. Itu bukan berasal dari astronomi, tetapi astrologi pertama kali diciptakan oleh seorang ahli nujum, yang secara sewenang-wenang mendefinisikannya sebagai bulan purnama yang terjadi ketika bulan berada pada atau dekat (dalam 90 persen) jarak terdekatnya dengan Bumi dalam orbit tertentu (perigee).

Selama fenomena alam ini, bulan akan tampak 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari sebelumnya. Hal ini terjadi jarak bumu dan bulan dalam Perigee (jarak terdekat). Diprediksi, Super Full Moon ini akan terjadi pada pukul 22:51 WIB. Salah satu penggiat Mitigasi Bencana Hidrometeorologi dan Geofisika (Pos MKG) Indonesia, Annadwi mengungkapkan Bumi dan Bulan hanya berjarak sekitar 357.185 Kilometer (Km) dan ini adalah posisi terdekatnya.

“Fenomena seperti ini, berdampak memicu pasang maksimum air laut sebab akibat dari gaya tarik menarik gravitasi bumi dan bulan,” kata Annadwi hari ini.

Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini potensi banjir pesisir (ROB) di wilayah pesisir Indonesia sejak 25 Agustus 2023. BMKG menghimbau 15 titik pesisi di wilayah Indonesia agar waspada terjadinya banjir ROB.

Annadwi menambahkan bahwa fenomena alam ini tidak perlu menjadi sebuah kepanikan massal bagi masyarakat Indonesia. Warga pesisir dihimbau untuk waspada dampak dari fenomena tersebut.

“BMKG sudah mengeluarkan peringatan dini, jadi kita khususnya warga pesisir harus waspada dari dampak yang ditimbulkan oleh fenomena alam tersebut,” ujarnya.

Berikut daftar daerah pesisir yang diprediksi oleh BMKG akan mengalami banjir ROB dampak dari Super Full Moon alias Purnama Perigee :

1. Pesisir Sumatera Barat
2. Pesisir Kep. Riau
3. Pesisir Banten
4. Pesisir utara DKI Jakarta
5. Pesisir Jawa Barat
6. Pesisir Jawa Timur
7. Pesisir Bali
8. Pesisir Kalimantan Barat
9. Pesisir Kalimantan Timur
10. Pesisir Maluku
11. Pesisir Maluku Utara
12. Pesisir Sulawesi Utara
13. Pesisir Papua Selatan

“Potensi banjir pesisir (ROB) ini berbeda wakti (hari dan jam) di tiap wilayah yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat,” dikutip dari dokumen press release BMKG.(*)

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News