Menkop UKM Tegaskan Aplikasi Temu Itu Ancaman

Menkop UKM, Teten Masduki, saat diwawancarai awak media terkait aplikasi Temu usai berkunjung ke Kota Sukabumi, pada Kamis, 13 Juni 2024. Foto: Nuria Ariawan/HALOSMI.
Menkop UKM, Teten Masduki, saat diwawancarai awak media terkait aplikasi Temu usai berkunjung ke Kota Sukabumi, pada Kamis, 13 Juni 2024. Foto: Nuria Ariawan/HALOSMI.

HALOSMI.COM – Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki, menyatakan perihal ancaman aplikasi platform digital e-commerc asal China yang dinamai Temu, terhadap UMKM di Indonesia.

Hal itu ia ungkapkan usai menghadiri Sidang Senat Terbuka Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) dalam agenda milad ke-21, yang digelar di Auditorium UMMI, pada Kamis, 13 Juni 2024.

Apabila Aplikasi Temu itu sampai masuk ke Indonesia, Teten mengungkapkan hal tersebut menjadi sebuah ancaman. Pasalnya, para UMKM termasuk Unicorn di Indonesia pun tak mungkin bisa bersaing dengan aplikasi asal China tersebut.

“Oh itu ancaman,” kata Teten saat ditanya awak media apabila aplikasi Temu masuk ke Indonesia.

Aplikasi Temu pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat pada tahun 2022, dan saat ini layanan mereka sudah tersedia di puluhan negara. Bahkan, aplikasi tersebut sudah diunduh 30 juta kali dalam sebulan, sehingga menjadikan aplikasi belanja nomor satu di Apple App Store maupun Google Play Store.

“Saya sudah sampailan ke Pak Presiden ini ada aplikasi baru dari China namanya Temu, itu dalam waktu 1 tahun sudah masuk ke 58 negara, pasti Indonesia termasuk negara yang akan menjadi sasaran mereka,” jelasnya.

Ia mengaku sudah berkomunikasi dengan Presiden Jokowi agar aplikasi yang dinilai lebih berbahaya dari Tiktok Shop itu tidak masuk ke Indonesia. Pasalnya hal tersebut  juga dapat mempengaruhi tingkat pengangguran.

“Saya sudah sarankan ke Pak Presiden sebaiknya ini nggak boleh masuk, kalau nggak nanti angka pengangguran akan meningkat. Ya kalau ini masuk semua kalah, TikTok pun kalah,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News