Ragam  

Mitos atau Fakta Bulan Purnama dapat Membuat Orang Berperilaku Aneh?

HALOSMI.COM- Bulan purnama ternyata kerap jadi kambing hitam yang cukup populer terkait nasib buruk dan perilaku aneh seseorang.

Ditambah lagi ada kisah legenda tentang manusia serigala yang bertransformasi pada malam ketika bulan tengah bulat sempurna.

Jadi, mitos atau fakta bulan purnama dapat membuat orang berperilaku aneh? Simak penjelasannya berikut ini.

Bulan purnama disebut dapat mempengaruhi pasang surut air laut. Hal ini dinilai memberikan efek serupa pada manusia karena tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air.

Akibatnya pada waktu ini, manusia bisa bersifat tidak normal. Tetapi, hal ini adalah pendapat semata dan tidak ada buktinya secara ilmiah.

Pada tahun 1980-an keyakinan bahwa bulan dapat mempengaruhi perilaku manusia diyakini secara luas.

Dilaporkan bila 80 persen perawat dan 64 persen dokter menganggap hal tersebut adalah benar.

Laporan tersebut tercantum dalam sebuah makalah pada tahun 1987 yang diterbitkan dalam Journal of Emergency Medicine.

Setelah 25 tahun, tepatnya pada tahun 2012 tim peneliti di Université Laval’s School of Psychology, Kanada mencari tahu lebih dalam terkait hubungan penyakit mental dan fase bulan.

Mereka mengevaluasi 771 pasien yang mengunjungi IGD di dua rumah sakit Montreal antara Maret 2005 dan April 2008.

Para pasien mengeluhkan nyeri dada meskipun dokter tidak bisa menentukan penyebab medis dari nyeri tersebut.

Banyak pasien lain juga menderita serangan panik, kecemasan, gangguan mood, atau pikiran untuk bunuh diri. Akhirnya para peneliti membandingkan waktu kunjungan ke fase bulan.

Hasilnya ditemukan bila tidak ada hubungan antara kejadian masalah psikologis dan empat fase bulan.

Kecuali pada kuartal terakhir bulan di mana gangguan kecemasan mencapai angka 32 persen tetapi ini sangat jarang terjadi.

Dr Geneviève Belleville, pemimpin penelitian menjelaskan angka ini kemungkinan terjadi karena kebetulan dan faktor-faktor lain yang tidak masuk dalam perhitungan selama penelitian.

Tetapi satu hal yang bisa dipastikan adalah bulan purnama tidak berhubungan dengan perilaku aneh seseorang atau masalah kesehatan mental.

Jika kamu melihat orang bertingkah aneh selama bulan purnama, kemungkinan besar perilaku tersebut juga terjadi di siklus bulan lainnya. 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News