Panglima TNI Buka Opsi Libatkan Sipil dalam Brigade Komposit ke Gaza

Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto. Foto: Sekretariat Kabinet.
Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto. Foto: Sekretariat Kabinet.

HALOSMI.COM – Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto, membuka peluang pelibatan sipil dalam Brigade Komposit yang akan dikirim ke Gaza, Palestina.

Ia mengatakan, pelibatan sipil bisa dilakukan untuk memberikan pendampingan kepada warga Gaza yang trauma.

“Nah untuk rehabilitasi butuh personel yang punya kemampuan psikologi untuk trauma healing.Mungkin bisa juga dari sipilnya,” kata Agus, dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu, 15 Juni 2024.

Ia menyatakan, sipil juga berpotensi untuk dilibatkan dalam batalion support. Ia menyebut sipil bisa ikut mengajar anak-anak Palestina yang tak bisa bersekolah.

“Batalyon support, ada pengajar. Apakah sipil bisa? Ya mungkin bisa-bisa saja nanti ngajar,” tuturnya.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia bersiap mengirimkan Pasukan Perdamaian ke Jalur Gaza, Palestina. Namun pemerintah masih menunggu keputusan dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto, lantas mempersiapkan brigade komposit, yang terdiri dari Batalyon Support, Batalyon Kesehatan, Batalyon Zeni dan Batalyon Perbekalan.

“Brigade Komposit itu jumlahnya 1.212 (personel),” kata Agus.

Batalyon Kesehatan memiliki kemampuan perawatan medis. Kemudian Batalyon Zeni memiliki kemampuan terkait konstruksi dan Batalyon Perbekalan mampu membuat dapur umum.

Selanjutnya, Batalyon Support disiapkan untuk membantu pengamanan bagi personel-personel yang bertugas di Gaza.

Selain itu, TNI juga menyiapkan dua kapal rumah sakit dalam misi perdamaian tersebut, yaitu KRI Rajiman dan KRI Suharso.

“Itu bisa merawat di dalam kapal, dan juga ada unit darurat bisa operasi kelas satu, ada x-ray dan ada UGD,” ucapnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News