Pelihara Ikan di Aquarium, Ini 4 Manfaat Bagi Kesehatan

Memelihara ikan di aquarium memiliki filosofi dan manfaat yang penting bagi kesehatan.
Memelihara ikan di aquarium memiliki filosofi dan manfaat yang penting bagi kesehatan.

HALOSMI.COM Selain sebagai wadah untuk hidup dan berkembang biak ikan, aquarium sering difungsikan sebagai penghias ruangan dan penyaluran hobi.

Secara fisik, kolam kaca ini hanya bersifat sebagai sebuah tempat atau wadah. 

Namun, lebih dari itu ternyata aquarium memiliki filosofi dan manfaat yang penting bagi kehidupan.

Oleh sebab itu, banyak orang memilih memelihara ikan sebagai opsi menghilangkan stres setelah penat bekerja ataupun lelah dengan aktivitas sehari-hari.

Manfaat Aquarium Bagi Kesehatan

Mungkin sangat terdengar aneh jika menyebut aquarium bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan Psikologis penghuni rumah. Namun, hasil penelitian mengungkap ternyata memiliki aquarium unik di dalam rumah bisa memberikan manfaat yang menyehatkan bagi para penghuni rumah.

Ditinjau dari sisi Psikologi, aquarium memiliki efek menyehatkan yang alami. Manfaat utama terdapat pada air pengisi aquarium, tanaman air yang hijau segar dan ikan yang warna-warni berenang kian kemari.

Sifat lembab air memberikan efek sejuk dan bisa mengurangi kekeringan. Di ruangan ber-AC yang sering membuat kulit terasa kering atau di ruangan yang terasa berhawa panas, bisa Anda tempatkan aquarium. Pasti akan lebih terasa sejuk. Lalu apa manfaat aquarium bagi kesehatan Anda?

1. Akuarium Akan Membantu Meredakan Stres

Tidak dapat dipungkiri lagi, manfaat memelihara ikan dalam akuarium di dalam rumah akan sangat membantu meredakan stres.

Setelah Anda lelah dengan aktivitas sehari-hari, baik di dalam rumah ataupun di kantor akuarium yang berisikan ikan hias dan suara gemericik air akan dapat membawa efek menenangkan serasa di alam ke rumah atau tempat kerja Anda.

Inilah mengapa akuarium menjadi alasan yang tepat mengapa Anda kadang-kadang melihat tangki ikan di lingkungan stres tinggi seperti kantor atau rumah sakit.

2. Baik untuk Terapi Penderita Alzeimer, Hiper Aktif dan Autis

Menurut penelitian melihat pemandangan di dalam akuarim sangat efektif sebagai sebuah terapi untuk beberapa jenis penyakit hingga gangguan mental pada anak. 

Seperti penderita Alzheimer, anak-anak hiperaktif hingga penderita autis.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa banyak penderita Alzeimer secara rutin memandangi ikan dalam aquarium menjadi turun tingkat agresifitasnya. Supplement yang dibutuhkan menurun drastis, nafsu makannya bertambah dan mengkondisikan pikiran cenderung stabil.

Melihat aquarium mungkin tidak memberikan efek seperti obat. Namun aquarium di dalam rumah memiliki manfaat yang sangat baik sebagai terapi. Pasalnya, keindahan di dalam aquarium dapat mengontrol dan meredakan ledakan emosi yang berlebihan.

3. Membantu Anda Tidur Nyenyak

Manfaat memelihara ikan dalam akuarium di dalam rumah akan sangat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Tidur nyenyak adalah kunci kesehatan jangka panjang.

Akuarium akan memberikan suara-suara menenangkan yang dapat membantu beberapa orang rileks dan tertidur dengan mudah. Selain itu, melihat tangki ikan Anda sebelum tidur juga dapat menenangkan tubuh dan pikiran Anda, menyelamatkan Anda dari menghabiskan berjam-jam menatap langit-langit Anda.

4. Membantu Meningkatkan Pemikiran Anda

Jika Anda mungkin sedang merasa kehabisan ide dan kreativitas, hal ini merupakan tips yang bagus untuk Anda. Manfaat memelihara ikan dalam akuarium di dalam rumah akan dapat memberikan efek untuk meningkatkan konsentrasi Anda dan mengubah Anda menjadi pemikir kreatif.

Hal ini pastinya akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas Anda dalam hal pekerjaan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk segera mencoba bagaimana efek positif yang dapat diberikan dari memelihara ikan dalam akuarium di dalam rumah ataupun tempat kerja Anda. (***)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News