Pemkot Sukabumi Tidak Gelar Mudik Gratis, Begini Alasannya

HALOSMI.COM – Program mudik gratis pada momen lebaran tahun ini di Kota Sukabumi tidak diselenggarakan. Alasannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi tidak mengalokasikan anggaran untuk operasional mudik gratis.

“Di kita tidak ada (program mudik gratis) untuk tahun 2023 ini, karena memang tidak dianggarkan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, Imran Wardhani, kepada HALOSMI.COM, saat dikonfirmasi melalui aplikasi perpesanan, Minggu 9 April 2023.

Ia mengatakan, alasan Pemkot Sukabumi tidak menyelenggarakan mudik gratis pada momen lebaran tahun ini kemungkinan karena anggarannya kena refocusing, atau mungkin karena masih dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

“Iya jadi kita tidak dialokasikan anggaran untuk mudik gratis tahun ini, mungkin masih kena rekofusing, ataupun masih pemulihan pasca pandemi,” ungkapnya.

Ia mengaku tidak tahu-menahu soal tidak adanya program mudik gratis lebaran di tahun 2023 ini, karena pengajuan anggaran untuk program mudik gratis lebaran itu diusulkan di tahun 2022, dan dirinya pada saat itu masih menjabat sebagai Kalak BPBD Kota Sukabumi.

“Kalau pengajuan anggaran itu diusulkan di tahun sebelumnya, misalnya kita mengajukan anggaran untuk tahun 2024, nah usulan itu akan kita ajukan di pertengahan tahun 2023 ini. Jadi sekarang tidak ada alokasi anggaran untuk mudik gratis,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, program mudik gratis di Kota Sukabumi terakhir digelar pada 2019. Kemudian pada 2020, 2021, dan 2022 program mudik gratis tidak digelar karena pandemi Covid-19. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News