Pileg 2024, Ratusan Caleg DPRD Kota Sukabumi Dapil III Bersaing Duduki 11 Kursi

Ilustrasi menakar peluang Calon Legislatif (Caleg) berebut suara di Daerah Pemilihan (Dapil) III Gunungpuyuh-Warudoyong. Dok. HALOSMI.
Ilustrasi menakar peluang Calon Legislatif (Caleg) berebut suara di Daerah Pemilihan (Dapil) III Gunungpuyuh-Warudoyong. Dok. HALOSMI.

HALOSMI.COM – Tepat pada Rabu 14 Februari 2024, warga Indonesia turut berpartisipasi menyalurkan hak pilihnya dalam pesta demokrasi yaitu Pemilihan Umum (Pemilu) secara langsung di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing daerah.

Disamping memilih Presiden dan Wakil Presiden, warga juga memilih para wakil rakyat yang duduk di kursi DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota/Kabupaten.

Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi yang dihimpun HALOSMI.COM, pada Sabtu 17 Februari 2024, ada 11 kursi DPRD Kota Sukabumi yang akan diperebutkan dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 di Daerah Pemilihan (Dapil) III Kecamatan Gunungpuyuh-Warudoyong.

Secara rinci, Dapil III Kota Sukabumi dengan kuota 11 kursi terdapat 149 Calon Legislatif (Caleg) dari 16 Partai Politik (Parpol) akan bertarung untuk memperebutkan 80.636 ribu Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tersebar di dua kecamatan, dengan rincian Gunungpuyuh 36.342 pemilih dan Warudoyong 44.294 pemilih.

Adapun jumlah TPS di Dapil III Kota Sukabumi pada Pemilu 2024 itu ada sebanyak 318 titik. Jumlah tersebut terdiri dari Kecamatan Gunungpuyuh 143 TPS dan Warudoyong 175 TPS.

9 Anggota DPRD Kota Sukabumi Dapil III kembali mencalonkan

Diketahui, ada sebanyak 30 anggota DPRD Kota Sukabumi yang kembali mencalonkan pada Pemilu 2024 ini. Ada 9 calon petahana atau incumbent di Dapil III dari 11 kuota kursi kembali mencalonkan diri, diantaranya Momi Soraya dan Galuh Naufal Munawar dari Gerindra. Kemudian Gagan Rachman Suparman dan Dede Furkon dari PDI Perjuangan.

Selanjutnya, Agus Rakman Mustafa dan Tanty dari Golkar. Yudi Esmanto dari Nasdem. Syihabudin dari PKS. Lukmansyah dari PKS yang kini di Demokrat. Lalu Muhamad Faisal Anwar dari PAN yang kini di PPP. Terakhir, Deden Solehudin dari Demokrat.

Perhitungan suara pada Pemilu 2024 masih menggunakan metode Sainte Lague.

Dengan metode ini, perolehan suara parpol di setiap dapil akan dihitung terlebih dulu untuk menentukan apakah parpol itu mendapatkan kursi atau tidak. Setiap perolehan total suara parpol akan dibagi dengan bilangan pembagi ganjil 1, 3, 5, dan 7. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News