News  

Polisi Sudah Kantongi Identitas Terduga Pelaku Kasus Penipuan di Samsat Kota Sukabumi

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sy. Zainal Abidin.

SUKABUMI, HALOSMI.COM – Kasus dugaan penipuan yang dilakukan oleh oknum pegawai di Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Sukabumi kini masih dalam tahap penyelidikan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pihak kepolisan kini sudah mengantongi identitas terduga pelaku oknum pegawai honorer Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Jawa Barat tersebut.

Baca juga: Kasus Penipuan Oknum Samsat Kota Sukabumi, Polisi Periksa Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah

“Kita sudah menerima laporan terkait hal itu. Masih dalam proses. Kita mendalami terhadap yang bersangkutan. Dari pihak yang berkompeten dan dari pihak Dispenda Jabar sudah menyampaikan status yang bersangkutan,” ujar Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sy. Zainal Abidin, kepada wartawan, di Mapolres Sukabumi Kota, Selasa 31 Januari 2023.

Baca juga: Korbannya Lebih dari Satu Wajib Pajak, Seperti Inilah Modus Penipuan Oknum Satpam di Samsat Kota Sukabumi

Disinggung mengenai keberadaan tersangka apakah masih dalam penyelidikan, Zainal menegaskan, saat ini pihaknya sudah mengantongi identitas terduga pelaku, namun yang dilakukan penyelidikan itu keberadaannya.

“Keberadaannya (yang masih dalam penyelidikan). Kalau identitasnya sudah jelas,” jelasnya.

Baca juga: Dosen STH Pasundan Soroti Kasus Penipuan Oknum Pegawai Samsat Kota Sukabumi

Atas kejadian penipuan tersebut, Zainal mengimbau kepada para korban lainnya, apabila mengalami kejadian yang serupa agar segera melaporkan kepada pihaknya.

“Hingga saat ini, saksi pelapor ada lebih kurang 3 orang yang sudah kita lakukan pemeriksaan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Sukabumi Kota melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Sukabumi, Iwan Juanda, pada Selasa 24 Januari 2023 lalu.

Pemeriksaan terhadap Kepala P3DW itu merupakan rangkaian penyelidikan pihak kepolisian dalam kasus dugaan penipuan yang dilakukan oleh pegawai honorer Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Jawa Barat.

“Betul, yang bersangkutan sudah kami mintai keterangan. Ada beberapa saksi lain juga yang kita periksa, termasuk pelapor, serta dari pihak-pihak terkait,” ujar Kasatreskrim Polres Sukabumi Kota, AKP Yanto Sudiarto, kepada wartawan, Selasa 24 Januari 2023 lalu. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News