Ragam  

Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Sukabumi Bisa Cari Takjil dan Jalan-Jalan

HALOSMI.COM- Ngabuburit atau ngalantung ngadagoan burit (jalan-jalan menunggu waktu petang) menjadi aktivitas yang sering di lakukan masyarakat saat bulan ramadan sambil menunggu waktu buka puasa.

Selain menunggu waktu berbuka puasa, kegiatan yang biasanya dilakukan mencari kudapan yang dimakan sesaat setelah berbuka puasa (takjil).

Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi ngabuburit di Sukabumi bisa untuk cari takjil dan jalan-jalan.

1. Kawasan Dago dan Dewi Sartika

Sukabumi memiliki kawasan Dago yang menjadi favorit di kalangan anak muda. Saat menunggu waktu berbuka, penduduk sering mencari makanan di sekitar kawasan Dago dan Jalan Dewi Sartika.

Kawasan Dago ini mudah dijangkau dengan transportasi umum. Selain tersedia berbagai macam makanan ringan, di sepanjang jalan terdapat restoran atau tempat makanan berat.

Lokasi ini juga dekat dengan tempat ibadah. Jika berada di Jalan Dewi Sartika, penduduk dapat melanjutkan ke Jalan Rumah Sakit. Di sana, terdapat masjid yang berdekatan dengan RSUD Syamsudin.

2. Perpustakaan Sukabumi

Membaca jadi salah satu kegiatan asyik untuk ngabuburit. Bosan baca di rumah, kamu bisa mendatangi perpustakaan di Kota Sukabumi.

Lokasinya berada di Jalan Perpustakaan, Cikole. Tak jauh dari perpustakaan, ada pusat jajanan Dewi Sartika. Setelah puas membaca buku, kamu bisa membeli takjil atau makanan di Jalan Dewi Sartika.

3. Alun-alun Kota Sukabumi

Alun-alun Kota Sukabumi menjadi pilihan selanjutnya untuk ngabuburit. Lokasinya yang strategis memudahkan akses bagi masyarakat.

Di sekitar alun-alun terdapat berbagai macam makanan yang cocok untuk berbuka puasa.

Mulai dari es kelapa, es campur, kolak, hingga makanan ringan seperti basreng dan cilor.

Saat malam tiba, tersedia pula berbagai makanan berat di sekitar alun-alun seperti nasi goreng, sate, soto, dan lainnya.

Ngabuburit di alun-alun sangat nyaman karena dekat dengan Masjid Agung Kota Sukabumi.

Hal ini memastikan bahwa ibadah tetap bisa dilakukan dengan tenang tanpa perlu terburu-buru saat berada di luar rumah.

4. Alun-alun Cisaat

Di sebelah barat Sukabumi terdapat Alun-alun Cisaat yang menjadi pusat perhatian selama bulan Ramadan.

Alun-alun ini akan diisi dengan berbagai stand makanan yang menarik.

Selain itu, terdapat juga wahana bermain seperti di pasar malam, seperti bianglala dan wahana permainan anak-anak.

Bagi yang ingin mengunjungi Alun-alun Cisaat, tidak perlu khawatir tentang tempat beribadah. Masjid Qubbatul Islam berada cukup dekat dengan alun-alun tersebut.

5. Jalan Lingkar Selatan Sukabumi

Dengan pembangunan Jalan Lingkar Selatan dari Selakaso hingga Cibolang, Kabupaten Sukabumi menjadi tujuan yang diminati oleh masyarakat juga.

Jalur ini sering digunakan oleh masyarakat yang ingin berjalan-jalan sambil membawa kendaraan.

Keadaan jalannya yang lurus dan panjang memberikan kebebasan bagi pengguna kendaraan untuk berkendara dengan lebih leluasa.

Tempat ngabuburit yang biasanya ramai dikunjungi di jalan ini adalah di sekitar Flyover Cibeureum.

Di sini, masyarakat dapat menikmati pemandangan alam dari ketinggian.

6. Oasis Sukabumi

Rekomendasi tempat ngabuburit selanjutnya yaitu tempat wisata Oasis. Selain bisa ngabuburit sambil berwisata ala Eropa, kamu juga bisa berbuka puasa di Hayuka Kopi yang ada di dalam kawasan wisata.

Pada hari normal, pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Akan tetapi, untuk bulan Ramadan ini, pihak pengelola menggratiskan tiket masuk mulai dari pukul 15:00 WIB.

7. Lapangan Merdeka

Siapa yang tak kenal Lapang Merdeka Kota Sukabumi. Lapangan olahraga ini jadi salah satu satu spot favorit masyarakat untuk ngabuburit.

Selain lokasinya di pusat kota, Lapang Merdeka juga memiliki banyak fasilitas. Misalnya ada Titik Juara yang menjual beberapa makanan dan barang hasil UMKM. Makanan itu bisa jadi salah satu opsi untuk takjil berbuka puasa.

8. Pondok Halimun

Pondok Halimun bisa jadi salah satu opsi tempat ngabuburit di Sukabumi. Suasana yang sejuk dan tenang tentu tak terasa jika sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Tak perlu khawatir, kawasan Pondok Halimun juga memiliki beberapa warung-warung yang menyediakan makanan untuk berbuka. Tiket masuk ke Pondok Halimun mulai dari Rp5.000 per orang.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News