Salat Idul Adha, Pj Wali Kota Kusmana: Momentum Peningkatan Keimanan dan Kepedulian

Pemerintah bersama masyarajat Kota Sukabumi melaksanakan Salat Idul Adha 1445 Hijriah yang berlangsung di kawasang Lapang Merdeka, pada Senin, 17 Juni 2024. Foto: Dokpim Kota Sukabumi.
Pemerintah bersama masyarajat Kota Sukabumi melaksanakan Salat Idul Adha 1445 Hijriah yang berlangsung di kawasang Lapang Merdeka, pada Senin, 17 Juni 2024. Foto: Dokpim Kota Sukabumi.

HALOSMI.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi melaksanakan Salat Idul Adha 1445 Hijriah yang berlangsung di kawasang Lapang Merdeka, pada Senin, 17 Juni 2024.

Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, Sekertaris Daerah (Sekda), Dida Sembada, Pj. Ketua TP-PKK, Diana Rahesti, dan sejumlah ASN turut hadir dan berbaur bersama masyarakat dalam menunaikan ibadah Salat Idul Adha.

Dalam sambutannya, Kusmana menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha kepada seluruh umat Islam di Kota Sukabumi. Ia mengajak masyarakat untuk merenungkan hikmah di balik Hari Raya Idul Adha, yaitu tentang keikhlasan dan kepedulian.

“Peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim AS setelah Beliau menerima wahyu Allah SWT, yang memerintahkan Beliau menyembelih puteranya Ismail AS, sungguh menjadi sebuah ujian keimanan yang amat berat dilaksanakan, bahkan tidak terbayangkan dari segi kemanusiaan,” ujar Kusmana.

Namun sebagai hamba pilihan Allah SWT, Nabi Ibrahim AS dan putranya Ismail, dengan dilandasi keimanan dan ketaqwaan yang kuat, perintah Allah SWT tersebut mampu ditunaikannya.

Tiada alasan sedikitpun untuk menolak perintah Allah SWT, termasuk untuk mengorbankan apapun yang kita cintai dan kita miliki, karena sesungguhnya semua itu hanya titipan Sang Khaliq kepada hamba-Nya.

Ia pun mengajak masyarakat untuk menjadikan momentum Hari Raya Idul Adha ini sebagai kesempatan untuk meningkatkan keikhlasan dan kepedulian terhadap sesama.

“Marilah kita jadikan momentum ini sebagai persentase keikhlasan yang sempurna dengan berqurban. Muliakanlah saudara-saudara kita dengan cara berqurban dan saling berbagi, hilangkan perbedaan di antara kita, serta tingkatkan kualitas diri, sehingga bisa berguna bagi orang di sekitar kita,” ungkapnya.

Ia berharap ibadah qurban yang setiap tahun dirayakan tidak hanya dimaknai sebagai proses ritual semata, tetapi juga untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, sekaligus meneguhkan nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan.

“Dalam kerangka inilah, sejalan dengan hikmah Idul-Qurban, maka hal ini merupakan momentum yang tepat bagi kita semua, khususnya bagi yang mampu untuk mengasah keikhlasan dan kepedulian sosial terhadap sesama, dengan menyembelih hewan qurban yang dagingnya dibagikan bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan,” pungkasnya.

Di akhir sambutan, Penjabat Wali Kota Sukabumi mengajak masyarakat untuk mengambil hikmah dan pesan dari Ibadah Haji dan Qurban untuk diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari menuju masyarakat Kota Sukabumi yang maju, makmur, dan semakin sejahtera, lahir dan batin. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News