Ragam  

Sederet Negara Paling Damai di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk Juga?

HALOSMI.COM- Menarik Pembahasan Artikel Kemarin Ada Negara yang Belum Merdeka, Ada Negara Termiskin dan Kali ini Kami akan membahas negara paling damai di dunia Nah apakah kali ini Indonesia termasuk kedalam kategori nya?

Konflik global tengah mengudara di berbagai penjuru dunia. Kondisi ini membuat suasana damai semakin sulit ditemukan.

Hampir setiap negara mengalami pertikaian, baik dengan negara lain maupun dengan negara sendiri. Aksi demonstrasi seolah jadi hal biasa. Ah, apa itu damai?

Indeks Perdamaian Global 2024 mengungkapkan bahwa dunia berada di persimpangan jalan. Tanpa upaya bersama, ada risiko meningkatnya konflik besar.

Namun demikian, di tengah huru-hara yang belakangan terjadi, masih ada beberapa teritori atau wilayah yang memberikan kedamaian. Indeks yang sama mengumumkan negara-negara paling damai di dunia saat ini.

Peringkat ini dibentuk berdasarkan 23 indikator yang mencakup aspek seperti ketidakstabilan politik, aktivitas terorisme, korban jiwa akibat konflik, dan anggaran militer.

Setiap indikator dinilai dalam skala 1-5, menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif untuk menilai tingkat kedamaian suatu negara.

Selama enam belas tahun berturut-turut,Islandia mempertahankan posisi teratas dengan skor 1,112 mendukung pendanaan penjaga perdamaian PBB, tingkat keamanan yang tinggi, dan jumlah tahanan yang rendah.

Irlandia berada di urutan kedua, berkat jumlah pengungsi yang rendah. Disusul oleh Austria di urutan ketiga, dengan jumlah demonstrasi kekerasan yang minim.

Indonesia sendiri berada di peringkat ke-48 dengan skor 1.857.

Berikut adalah daftar 10 negara paling damai di dunia untuk tahun 2024 seperti yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Islandia
2. Irlandia
3. Austria
4. Selandia Baru
5. Singapura
6. Swiss
7. Portugal
8. Denmark
9. Slovenia
10. Malaysia

Nah Itulah deretan negara yang paling damai, Indonesia bisa? Bisa atas kesadaran diri kita sendiri yuk buat negara kita jauh lebih damai mulai dari yang terkecil.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News