Ragam  

Simak! Deretan Negara yang Belum Merdeka

HALOSMI.COM- Mengutip Pembahasan Sebelumnya Negara Termiskin di Asia, Kali ini Kami akan Membahas Negara yang belum merdeka, Nah pasti penasaran kan di jaman sekarang negara mana saja yang belum merdeka.

Masyarakat yang masih berada di dalam cengkraman konflik pun mendambakan hal yang sama demi melepas diri dari belenggu penyiksaan.

Salah satu yang mulai digaungkan komunitas internasional adalah kemerdekaan Palestina yang kini mengalami penindasan dari Israel.

Berikut daftar negara yang belum merdeka:

1. Palestina

Palestina menjadi salah satu negara di Timur Tengah yang belum diakui kedaulatannya secara resmi oleh PBB.

Palestina sebelumnya pernah mendeklarasikan kemerdekaan pada 15 November 1998 usai peristiwa berdarah Nakbah. Namun, kekuasaan Israel yang masih mencengkeram negara tersebut membuat upaya meraih pengakuan kian pudar.

Sampai saat ini, terdapat beberapa negara yang sudah banyak mengakui Palestina. Sejumlah negara Eropa belum lama juga mengakui Palestina usai melihat kondisi prihatin yang dialami warga Palestina atas agresi brutal Israel.

2. Sahara Barat

Sahara Barat merupakan salah satu wilayah yang terletak diperebutkan oleh sejumlah negara dalam beberapa tahun terakhir. Wilayah itu diperebutkan oleh Spanyol dan Maroko

Wilayah itu kini dikuasai oleh Front Polisario yang sebagian besar berasal dari etnis Sahrawi. Mereka mendirikan negara bernama Republik Demokratik Arab Sahrawi sejak 1976.

Berbagai konflik pun kerap terjadi sejak 1991 hingga saat ini. Sengketa itu membuat Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) turun tangan sebagai pihak yang menjembatani kesepakatan.

3. Kaledonia Baru

Kaledonia Baru merupakan wilayah yang masih menjadi negara protektorat dari pemerintah Prancis.

Negara kepulauan tersebut memiliki beberapa perwakilan dan menerapkan sistem parlementer perwakilan.

Namun, kerusuhan yang pecah di negara itu pada bulan lalu membuat situasi politik semakin panas. Presiden Prancis, Emmanuel Macron pun harus turun tangan demi mengatasi kerusuhan yang telah terjadi dalam beberapa hari terakhir.

4. Ossetia Selatan

Ossetia Selatan merupakan sebuah wilayah kecil yang memisahkan diri dari Georgia pada 1992.

Negara ini terletak di utara Georgia dengan penduduk yang hanya mencapai 56 ribu. Mayoritas warganya berbahasa Farsi seperti Iran.

Karena merdeka secara sepihak, Ossetia Selatan disebut sebagai negara yang belum merdeka. Bahkan, PBB masih mengakui sebagai bagian dari wilayah Georgia.

5. Abkhazia

Negara selanjutnya merupakan salah satu wilayah yang terletak di barat laut Georgia. Wilayah ini berbatasan dengan Ossetia Selatan.

Abkhazia memiliki sekitar 224.000 penduduk dengan bahasanya sendiri yaitu Abkhazian. Mayoritas penduduk yang tinggal di Abkhazia sebagian besar berasal dari etnis Georgia.

PBB mengakui negara itu sebagai bagian dari otonomi wilayah Georgia. Meskipun begitu, Rusia bersama lima negara lainnya ikut mengakui Abkhazia sebagai negara berdaulat.

Nah itulah deretan negara yang masih belum sampai sekarang.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News