Ternyata! 10 Negara Ini Masuk Kategori Termiskin di Dunia

HALOSMI.COM- Setiap Negara Tentunya Memiliki sumber daya dan kekayaann masing-masing, tapi tidak semua negara kaya loh, seperti 10 negara ini masuk kategori termiskin di dunia.

Selain melihat dari nilai harga barang dan jasa yang diproduksi atau dikenal sebagai Produk Domestik Bruto (PDB), perbedaan biaya hidup dan tingkat daya beli dapat menjadi cara menilai daya beli seseorang.

Untuk menentukan penyebab tunggal kemiskinan jangka panjang di suatu negara adalah hal yang sulit.

Bisa saja kemiskinan terjadi oleh koruptor, aturan hukum yang lemah, kerusuhan sosial, perang, kondisi alam dan iklim yang buruk, bahkan terjadinya permusuhan antar negara tetangga.

Tidak hanya itu, sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) juga berpengaruh terhadap kelangsungan ekonomi negara.

Negara-negara yang memiliki utang dan tidak memperdulikan pendidikan warga negara, akan tidak mementingkan kualitas dan kelangsungan operasional sekolah. Hal ini mengakibatkan penurunan kualitas dan kuantitas tenaga kerja.

Berikut ini Daftar negaranya:

1. Sudan Selatan
Sudan Selatan atau secara resmi bernama Republik Sudan Selatan, merupakan negara yang terletak di Afrika Timur. Negara ini telah dilanda kekerasan sejak didirikan pada 2011.

Sudan Selatan dinobatkan sebagai negara termiskin di dunia, dengan pendapatan per kapita PDB sebesar USD516 atau sekitar Rp8 juta.

2. Burundi
Burundi merupakan negara yang terletak di tengah benua Afrika, berbatasan dengan Rwanda di utara, Tanzania di selatan dan timur, dan Republik Demokratik Kongo di barat.

Burundi merupakan negara kecil di Afrika dengan PDB per kapita terendah sebesar
USD891 atau sekitar Rp13,8 juta.

3. Republik Afrika Tengah
Republik Afrika Tengah merupakan negara yang terletak di pedalaman Afrika, yang berbatasan dengan Chad di utara, Sudan di timur laut, Sudan Selatan di timur, Republik Demokratik Kongo dan Republik Kongo di selatan, serta Kamerun di barat.

Republik Afrika Tengah memiliki pendapatan per kapita PDB sebesar USD1.127 atau sekitar
Rp17,5 juta.

4. Somalia
Somalia, atau dikenal sebagai Republik Federal Somalia, adalah sebuah negara yang terletak di Afrika. Tanah di negara ini dikenal sebagai “Tanah Aromatik” pada zaman Mesir Kuno.

Somalia memiliki pendapatan per kapita PDB sebesar USD1.374 atau sekitar Rp21,3 juta.

5. Republik Demokratik Kongo
Republik Demokratik Kongo (DRC) merupakan negara yang berada di Afrika Tengah, dengan jumlah populasi sekitar 112 juta jiwa.

Negara ini berbatasan dengan Republik Afrika Tengah dan Sudan Selatan di sebelah utara, Uganda, Rwanda, Burundi, dan Tanzania di timur, Zambia dan Angola di selatan, serta Republik Kongo di barat.

Pendapatan per kapita PDB DRC sebesar USD1,474 atau sekitar Rp22,8 juta.

6. Mozambik
Republik Mozambik adalah negara di Afrika Tenggara, yang berbatasam dengan Afrika Selaran, Eswatini, Tanzania, Malawi, Zambia, dan Zimbabwe.

Dikenal akan sumber daya dan lokasi yang strategis, Mozambik sering mencatatkan tingkat pertumbuhan PDB rata-rata lebih dari 7% dalam satu dekade terakhir.

Meskipun demikian, Mozambik masih terperosok di antara 10 negara termiskin di dunia. Pendapatan per kapita PDB negara ini sebesar USD1,556 atau sekitar Rp24,1 juta.

7. Nigeria
Nigeria merupakan negara di bagian Afrika Barat, yang berbatasan dengan Benin di sebelah barat, Chad dan Kamerun di sebelah timur, dan Niger di sebelah utara.

Negara yang dianggap sebagai titik terang di benua ini, mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 11% pada tahun lalu, menjadikannya sebagai negara ke-7 dari 10 negara termiskin di dunia.

Pendapatan per kapita PDB saat ini sebesar USD1,600 atau sekitar Rp24,856 juta. Meskipun pertumbuhan ekonominya diperkirakan lebih lemah, namun dapat tetap kuat sebesar 6,1% pada tahun ini dan 13% di tahun 2024.

8. Malawi
Malawi merupakan negara yang terdapat di daratan Afrika Selatan. Malawi berbatasan dengan Tanzania di utara, Zambia di barat laut, dan Mozambik di timur, selatan, dan barat. Danau Malawi mencakup seperlima wilayah negara tersebut.

Sebagai salah satu negara terkecil di Afrika, perekonomian Malawi bergantung pada tanaman tadah masih rentan terhadap guncangan cuaca.

Inflansi dari tahun ke tahun meningkat menjadi 24. Pendapatan per kapita Malawi sebesar USD1.682 atau sekitar Rp26,1 juta.

9. Chad
Chad merupakan negara pedalaman di Afrika Tengah bagian utara. Negara ini berbatasan dengan Libya di utara, Republik Afrika Tengah di selatan, Niger di barat, Sudan di timur dan Nigeria serta Kamerun di barat daya.

Chad dikenal dengan cadangan minyak terbesar ke-10 di Afrika. Walaupun demikian, negara ini masih dinobatkan sebagai negara termiskin di dunia. Hingga saat ini, pendapatan per kapita PDB yang dimiliki sebesar USD1,787 atau sekitar Rp27,7 juta.

10. Liberia
Liberia merupakan negara tertua di pesisir Afrika Barat, yang berbatasan dengan Sierra. Negara ini termasuk dalam peringkat negara termiskin di dunia.

Tahun pertama mantan Presiden, George Weah menjabat pada 2018, pertumbuhan ekonomi ‘dirusak’ akibat tingginya inflansi dan pengangguran.

Negara ini memiliki pendapatan per kapita PDB sebesar USD1,788 atau sekitar Rp27,7 juta.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News