Wisatawan Tenggelam di Danau Situ Gunung Sukabumi, Dua Orang Meninggal Dunia, Satu Orang Kritis

SUKABUMI, HALOSMI.COM – Tiga orang wisatawan tenggelam di objek wisata Danau Situ Gunung Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Minggu (1/1/2023) siang sekitar pukul 11.45 WIB. Ketiga orang itu adalah Benthar Huntanagara alias BH (28) wisatawan asal Bandung, Nandi Supriatna alias NS (24) asal Cianjur dan Elvin Prayoga alias EP (24) asal Sukabumi.

Ketiganya merupakan rombongan wisatawan yang melakukan family gathering di Danau Situ Gunung. Insiden tersebut bahkan membuat objek wisata yang berlokasi di kawasan konservasi Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) itu ditutup sementara dan dipasangi garis polisi.

Kapolres Sukabumi Kota Ajun Komisaris Besar Sy Zainal Abidin saat ditemui di lokasi mengatakan, kejadian ini bermula saat ketiga wisatawan ini berencana mandi atau membersihkan badan setelah pagi hari bermain bola di tepian danau. Ketiganya kemudian menaiki rakit menuju ke tengah danai.

Setelah sampai di tengah danau itu, Nandi tiba-tiba melompat ke danau. Namun karena Nandi tak kunjung muncul ke permukaan, akhirnya kedua rekannya, yaitu Benthar dan Elvin langsung berinisiatif melakukan pertolongan dengan ikut nyebur ke danau. Sayangnya, keduanya justru ikut tenggelam.

“Setelah teman-temannya dapat ditolong, salah seorang korban berinisial BH tidak kembali muncul ke permukaan. Sementara NS dan EP langsung mendapat pertolongan pertama dan langsung dibawa menuju rumah sakit terdekat. Namun pada akhirnya begitu dilakukan tindakan medis, nyawa NS tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia. Sementara korban EP kritis,” ungkap Zainal kepada awak media.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, sambung Zainal, petugas gabungan BPBD, Basarnas, TNI, Polri dan PMI melakukan upaya pencarian dan pertolongan terhadap korban atas nama Benthar. Penyisiran dilakukan dengan menerjunkan tim penyelam serta tim pencarian visual menggunakan rakit dan perahu karet.

Lanjut Zainal, Benthar berhasil ditemukan sekitar pukul 16.09 WIB, tidak jauh dari lokasi pencarian korban oleh petugas tim pencarian gabungan. Namun sayang, saat ditemukan sudah dalam kondisi meninggal dunia. Dari kejadian tersebut Zainal menyatakan dua orang meninggal dunia dan satu orang masih dalam penanganan medis.

“Korban pertama meninggal setelah dievakuasi dan mendapat pertolongan medis. Korban kedua ditemukan sudah dalam kondisi meninggal dunia di danau. Jenazah kedua korban selanjutnya diserahkan kepada keluarga. Kami turut berduka cita kepada keluarga almarhum, dua korban meninggal dunia yang tenggelam di Danau Situ Gunung. Semoga ini menjadi perhatian kita semua untuk lebih berhati-hati lagi saat berwisata di alam terbuka,” imbuhnya.

Sementara itu, Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kadudampit, D Syarifudin menyebutkan, ketiga wisatawan yang tenggelam ini mendatangi lokasi wisata Situ Gunung untuk mengisi hari libur panjangnya pada tahun baru 2023. Ketiganya menaiki rakit yang disediakan tempat wisata.

“Ketiga wisatawan ini, bersama teman-temannya naik rakit ke tengah danau dipandu oleh dua orang. Korban atas nama Nandi tiba-tiba loncat padahal tidak bisa renang. Nah, dua temannya atas nama Bhentar dan Elvi berusaha menyelamatkan akhirnya ikut tenggelam,” tutur Syarifudin. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *