Ragam  

Yang Belum Tahu! SImak 3 Cara Screenshot Gambar di PC atau Laptop Tanpa Aplikasi

HALOSMI.COM Berikut 3 Cara Screenshot Gambar di Komputer (PC) atau Laptop Tanpa Aplikasi, yuk simak ulasannya agar pekerjaanmu semakin mudah.

Screenshot merupakan sebuah gambar yang berasal dari tangkapan layar untuk digunakan berbagai keperluan, seperti bahan presentasi atau sekedar menyalin untuk disimpan dan dibagikan melalui media sosial.

Fitur screenshot ini sudah ada dalam sistem operasi bawaan pada smartphone, laptop dan PC. Meskipun sudah cukup umum, namun mungkin sebagian dari Anda tidak tahu cara mescreenshot gambar di laptop atau PC.

Ingin tahu bagaimana caranya? Berikut 6 cara screenshot gambar di PC atau laptop tanpa aplikasi.

1. Screenshot di laptop dengan tombol Print Screen (Prt Sc)

Salah satu cara screenshot di laptop dengan satu tombol yang paling mudah yaitu dengan menekan tombol printscreen (Prt Sc). Untuk lebih jelasnya, berikut langkah screenshot dengan menggunakan satu tombol.

-siapkan tampilan layar yang akan discreenshot.

-tekan tombol ‘Prt Sc’ pada keyboard. Tombol ini biasanya ada di paling atas keyboard laptop, dan pada umumnya, posisi tombol ini ada di deretan pojok kanan atas.

-buka aplikasi ‘Paint’ bawaan Windows, lalu tekan menu ‘paste’ atau tekan ‘Ctrl + V’. Anda juga bisa melakukan ini dengan klik kanan pada mouse atau mouse pad, lalu pilih paste.

– Hasil screenshot layar laptop atau komputer akan langsung terlihat di aplikasi Paint. Selanjutnya, Anda tinggal menyimpan saja dengan memilih menu File > Save As > JPEG.

Selain menggunakan Paint, Anda juga bisa menggunakan aplikasi screenshot laptop lain seperti Microsoft Word untuk melihat hasil screenshot tersebut.

2. Menggunakan tombol Windows + Prt Sc

Cara screenshot di laptop ini sudah dapat diterapkan mulai dari Windows XP eksis. Walaupun sudah tidak update lagi, cara ini juga masih dapat dilakukan di Windows 7, Windows Vista, Windows 8, Windows 8.1, sampai Windows 10.

Cara screenshot di laptop Windows :

-Tekan logo Windows + Print Screen (Prt Sc) secara bersamaan pada keyboard komputer.

-Setelah itu layar laptop atau komputer akan berkedip sebentar, hal ini menunjukkan kalau proses screenshot sudah selesai.

-Lalu gambar hasil screenshot akan tersimpan secara otomatis di folder picture laptop tepatnya C:\Users\[nama user]\Pictures\Screenshots.

3. Menggunakan tombol Alt + Prt Sc

Screenshot ini bisa dilakukan di Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10. Caranya juga hampir sama seperti sebelumnya, Anda cukup menekan tombol alt + Prt Sc.

Setelah itu, buka aplikasi Paint atau Microsoft Word untuk mem-paste hasil screenshot yang telah diambil. Selain tombol yang berbeda, cara screenshot ini juga memiliki perbedaan pada hasilnya.

Perbedaan terlihat pada hasil screenshot, dimana hanya jendela aktif saja yang akan dicapture. Sementara bagian taskbar dan yang lain tidak bisa diambil screenshot-nya.

Untuk mencari gambar yang telah discreenshot, kita bisa menemukannya pada folder screenshot, dimana gambar tersebut akan disimpan secara otomatis. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *