“bjb

1 Desember, Memperingati Apa Saja? Ini 4 Momen Pentingnya! 

HALOSMI.COM – Berdasarkan kalender Masehi, tanggal 1 Desember jatuh pada hari Jumat, minggu pertama di tahun 2023. Lantas apa saja yang diperingati di tanggal 1 Desember ini?

Terdapat beberapa momen penting yang diperingati pada 1 Desember ini baik dirayakan di Indonesia ataupun di dunia. Tim Halosmi telah merangkumnya untuk anda dan terdapat beberapa momen penting yang terjadi di tanggal 1 Desember. Ini daftarnya!

 

1. Hari Kemerdekaan Barbados 

Dilansir dari laman resmi dinkes NTB, Sedunia (World AIDS Day) untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar semakin waspada terhadap bahaya penyakit  HIV/AIDS.

Hari AIDS sedunia tahun ini mengusung tema “Let Communities Lead” atau “Biarkan Masyarakat Memimpin.” Tema ini menyimpan harapan agar peran komunitas atau masyarakat dalam mengkampanyekan bahaya AIDS dapat menurunkan angka penderita AIDS.

 

2. Hari Kemerdekaan Portugal

Dilansir dari National Today, Hari Kemerdekaan Portugal dirayakan setiap tahun pada tanggal 1 Desember di Portugal. Negara ini memperoleh kemerdekaannya dari Spanyol pada tahun 1668. Hari ini memperingati pemulihan kedaulatan setelah masa pemerintahan Spanyol antara tahun 1580 dan 1640. Sejak itu, Portugal muncul sebagai kekuatan kolonial dan berhasil menjajah negara-negara di Asia dan Afrika.

Hari Kemerdekaan Portugal adalah hari libur umum di negara tersebut dan semua sekolah serta bisnis tutup. Hari ini dirayakan dengan meriah di negara ini. Orang-orang berkumpul untuk menyanyi, menari, menghadiri karnaval, dan menghadiri acara patriotik. Saat ini Portugal telah muncul sebagai pusat olahraga dan pariwisata yang penting.

 

3. Hari Kemerdekaan Rumania 

Dilansir dari National Today, Hari Kemerdekaan Rumania diperingati setiap tanggal 1 Desember. Hari Nasional Rumania telah dirayakan pada tanggal 10 Mei, 23 Agustus, dan terakhir, 1 Desember, pada periode yang berbeda di masa lalu. Hari ini dirayakan pada tanggal 10 Mei untuk memperingati sumpah Pangeran Carol dari Hohenzollern-Sigmaringen atas nama Kepangeranan Bersatu Rumania, yang memproklamirkan kemerdekaan Rumania sebagai sebuah negara, di hadapan Parlemen, pada tahun 1866.

Tanggal 23 Agustus menandai revolusi rakyat yang mengubah Rumania senjata mereka melawan Nazi Jerman, sementara Transylvania, Banat, Crisana, dan Maramures bergabung dengan Rumania menjadi satu negara pada tanggal 1 Desember 1918, menandai kembalinya Hari Kemerdekaan mereka hingga hari ini.

 

4. Hari Martir di Uni Emirat Arab 

Dilansir dari National Today, Hari Peringatan (juga dikenal sebagai Hari Martir) diperingati setiap tahun di Uni Emirat Arab (UEA) pada tanggal 1 Desember. Hari ini dikhususkan untuk mengenang, mengakui, dan menghormati pengorbanan dan patriotisme para martir Emirat yang menyerahkan hidup mereka untuk militer. , pekerjaan sipil, dan kemanusiaan di U.A.E. Pertama kali diperingati pada tahun 2015, hari tersebut diperingati setiap tahun pada tanggal 30 November, hingga pada tahun 2019 tanggal tersebut diubah menjadi 1 Desember.

Nah, itulah momen penting yang dirangkum oleh tim Halosmi bagi referensi untuk menambah wawasan anda.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *