10 Januari, Memperingati Apa Saja? Ini 4 Momen Pentingnya!

HALOSMI.COM – Berdasarkan kalender Masehi, tanggal 10 Januari jatuh pada hari Rabu, minggu pertama di tahun 2024. Lantas apa saja yang diperingati di tanggal 10 Januari ini?

Terdapat beberapa momen penting yang diperingati pada 10 Januari ini baik dirayakan di Indonesia ataupun di dunia. Tim Halosmi telah merangkumnya untuk anda dan terdapat beberapa momen penting yang terjadi di tanggal 10 Januari. Ini daftarnya!

 

1. Hari Gerakan Satu Juta Pohon

Melansir dari Kantor Berita RRI, Hari Gerakan Satu Juta Pohon jatuh pada tanggal 10 Januari dan diperingati setiap tahunnya. Hari Gerakan Satu Juta Pohon (One Million Tree Planting Day) adalah sebuah acara tahunan di Indonesia yang bertujuan menanam satu juta pohon dalam sehari. Ini adalah acara tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia dan didukung oleh berbagai organisasi, bisnis, dan sukarelawan. Tujuan dari Gerakan Satu Juta Pohon adalah untuk meningkatkan luas tutupan hutan di negara Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pohon dan hutan bagi lingkungan.

Gerakan ini pertama kali dicetuskan Presiden Soeharto di Jakarta pada 10 Januari 1993. Dalam pidatonya, Presiden Soeharto mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut melakukan Gerakan Satu Juta Pohon, yaitu menanam pohon sampai melampaui satu juta di setiap provinsi. Gerakan Satu Juta Pohon ini dicanangkan guna mewujudkan lingkungan yang sehat, sejuk, dan asri. Gerakan ini mengajak kita untuk terus melestarikan pohon yang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia.

 

2. Hari Liga Bangsa-Bangsa

Dilansir dari National Today,, Hari Liga Bangsa-Bangsa diperingati pada tanggal 10 Januari setiap tahunnya. Ini mulai berlaku hari ini di tahun 1920 setelah disetujui oleh 42 negara pada tahun sebelumnya. Tujuan dari organisasi internasional yang sekarang sudah tidak ada ini adalah untuk menjaga perdamaian dunia dan meningkatkan kerja sama internasional. Prioritas lainnya adalah perlucutan senjata, menghindari perang melalui keamanan kolektif, menyelesaikan konflik internasional melalui diplomasi dan negosiasi, dan meningkatkan kesejahteraan global.

Meskipun organisasi ini berhenti beroperasi pada tahun 1940-an, organisasi ini tetap menjadi pendahulu Perserikatan Bangsa-Bangsa, karena banyak tujuan dan sasarannya yang secara langsung mempengaruhi PBB.

 

3. Hari Tiram Rockfeller Nasional

Dilansir dari National Today, Hari Tiram Rockefeller Nasional pada tanggal 10 Januari adalah hari yang merayakan sejarah hidangan Tiram Rockefeller dan bagaimana hidangan tersebut teruji oleh waktu. Tiram telah ada selama 180 juta tahun dan manusia Neolitikum mengonsumsi tiram dalam jumlah besar 5.000 tahun yang lalu. Saat ini, manusia telah mencapai puncak sajian yang terbuat dari kerang-kerangan tersebut, yaitu Tiram Rockefeller. Ini adalah hidangan panggang mewah yang dibuat di French Quarter di Louisiana.

Tiram Rockefeller merupakan inovasi dalam seni memasak tiram dan dicintai oleh orang-orang di seluruh dunia. Sejarah di balik penemuan hidangan ini sangat menarik. Sebuah restoran sederhana milik keluarga di New Orleans yang didirikan oleh Antoine Alciatore — Antoine’s Restaurant — khusus menyajikan hidangan yang dibuat dari siput pada akhir tahun 1850-an. Pada akhir tahun 1880-an, terjadi kekurangan siput Eropa. Saat itulah Jules Alciatore, putra Antoine Alciatore, memutuskan untuk mengganti siput dengan tiram yang bersumber secara lokal. Dia memadukan saus mentega dengan sayuran hijau dan menciptakan hidangan kaya rasa dengan tiram sebagai bahan utamanya. Kota ini sangat kaya sehingga dinamai menurut nama jutawan, John D. Rockefeller, yang merupakan orang terkaya pada saat itu. Hanya dalam beberapa bulan, Tiram Rockefeller panggang menjadi hidangan populer di seluruh Amerika dan kemudian di seluruh dunia.

Banyak koki dan restoran kini menyajikan varian Tiram Rockefeller mereka. Resep aslinya adalah rahasia keluarga yang dijaga ketat. Ini telah diuji di laboratorium dan beberapa bahannya, termasuk peterseli dan daun bawang, telah diketahui, tetapi aslinya tidak pernah berhasil disalin. Saat ini, restoran Antoine menyajikan ratusan porsi hidangan ini setiap hari dan telah menyajikan jutaan porsi Tiram Rockefeller sejak pertama kali. Antonie’s merayakan hari ini dengan menawarkan pesanan Oysters Rockefeller hanya dengan $5 untuk pesanan di New Orleans.

 

4. Hari Selamatkan Elang Nasional di Amerika

Dilansir dari National Today, Hari Selamatkan Elang Nasional pada tanggal 10 Januari merupakan hari untuk meningkatkan kesadaran tentang elang dan mensyukuri upaya konservasi untuk mencegah kepunahannya. Tahukah Anda bahwa ada lebih dari 60 spesies elang berbeda di dunia? Elang botak dan elang emas adalah dua spesies elang yang ditemukan di A.S. Ketika perburuan liar, pestisida, campur tangan manusia, dan bahaya lainnya terus mengancam populasi elang di seluruh dunia, kita harus bersatu untuk menyelamatkan dan melindungi makhluk agung ini. , simbol kebebasan Amerika.

Elang adalah salah satu burung pemangsa terkuat dan terhebat. Elang botak begitu istimewa sehingga dirayakan sebagai simbol kekuatan, kemandirian, dan keindahan di A.S. Sejarah Hari Nasional Selamatkan Elang adalah kisah yang menginspirasi. Ini dimulai di desa Ridgefield Park, New Jersey. Saat itu pertengahan musim dingin, musim bersarang yang sempurna bagi elang botak, dan sepasang elang, yang diberi nama Alice dan Al, telah bersarang di sepanjang Overpeck Creek sejak 2011. Pada tahun 2014, Skymark Development Corporation milik Paramus menyoroti sebuah penelitian yang menyatakan bahwa tempat pembuangan sampah di dekat sarang elang menimbulkan risiko kesehatan masyarakat. Sebagai bagian dari solusi untuk memitigasi risiko kesehatan setempat, mereka berargumentasi untuk menebang pohon tempat elang bersarang. Ketika pengumuman ini diumumkan, masyarakat lokal dan Bergen County Audubon Society menyelenggarakan Save The Eagles Day pada tanggal 10 Januari 2015. . Tak lama kemudian, kesepakatan dicapai antara kedua belah pihak untuk melestarikan sebagian lahan sebagai taman elang. Alice dan Al terus bersarang di lokasi yang sama dan tinggal di sana selama beberapa tahun, dan saat ini ada pasangan baru yang menetap di sarang yang sama. Saat ini terdapat banyak undang-undang seperti Endangered Species Act yang melindungi kesejahteraan elang. Berkat upaya berkelanjutan para pelestari lingkungan dan pemerintah, banyak spesies elang yang tadinya berada di ambang kepunahan kini semakin bertambah jumlahnya. Jadi mari kita rayakan, selamatkan, dan dukung kesejahteraan elang di hari yang penuh inspirasi ini.

 

Nah, itulah momen penting yang dirangkum oleh tim Halosmi bagi referensi untuk menambah wawasan anda.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *