“bjb

15 Sarang Tawon Berhasil Dievakuasi Damkar Kota Sukabumi Selama Awal 2024

Ilustrasi sarang tawon. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi sarang tawon. (Foto: Istimewa).

HALOSMI.COM – Tim Animal Rescue Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Sukabumi berhasil mengevakuasi 15 sarang tawon yang berada di pemukiman warga. Evakuasi sarang tawon yang dapat membahayakan warga tersebut dilakukan selama awal tahun 2024.

Kabid Damkar dan Penyelamatan Dinas Satpol-PP Kota Sukabumi, Ujang Rustiandi, mengatakan evakuasi sarang tawon yang dilakukan oleh pihaknya ini setelah mendapat laporan dari warga.

“Jadi setelah mendapat laporan dari masyarakat, kami langsung melakukan pengecekan ke lokasi, kemudian melakukan evakuasi,” kata Ujang, kepada HALOSMI.COM, pada Kamis, 8 Februari 2024.

Ujang menjelaskan, banyaknya masyarakat yang mengadukan terkait adanya keberadaan sarang tawon di sekitar pemukiman itu dikarenakan khawatir mengganggu. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya cepat merespon laporan tersebut.

“Jadi kami melakukan evakuasi sarang tawon itu harus dieksekusi pada malam hari,” ungkapnya.

Dalam setiap proses evakuasi, lanjut Ujang, petugas sudah dibekali beberapa perlengkapan dan keterampilan khusus. Contohnya, ketika melakukan evakuasi sarang tawon itu sebelumnya harus disemprot obat pembasmi serangga, kemudian beberapa lubang disumpal agar tidak ada tawon yang keluar sarang, karena hal itu dapat menyerang petugas.

“Alhamdulillah selama ini dengan kehati-hatian petugas di lapangan, proses evakuasi bisa diselesaikan dengan baik dan lancar,” bebernya.

Sejauh ini, sambung dia, petugas Damkar belum pernah menerima adanya laporan masyarakat yang disengat tawon. Kendati demikian, pihaknya tak henti terus mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada.

“Kami mengimbau kepada masyarakat, jika terdapat sarang tawon di lingkungannya, segera laporkan kepada petugas Damkar Kota Sukabumi,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *