23 Agustus Memperingati Apa? Ini 4 Momen Pentingnya

Ilustrasi
Ilustrasi

HALOSMI.COM – Terdapat beberapa momen penting yang terjadi pada tanggal 23 Agustus ini. Peringatan apa saja yah yang terjadi di hari Rabu, minggu keempat di bulan Agustus ini?

Tim Halosmi merangkumnya untuk anda pembaca setia. Berikut daftar peringatan yang terjadi di hari ini.

1. Hari Peringatan Meja Bundar

Tanggal 23 Agustus diperingati sebagai Hari Peringatan Konferensi Meja Bundar. Momen ini menjadi salah satu peristiwa sejarah bagi Indonesia. Pasalnya melalui konferensi ini Belanda akhirnya mengakui Republik Indonesia Serikat.

Melansir situs resmi Kemdikbud RI, Konferensi Meja Bundar (KMB) dilaksanakan pada 23 Agustus hingga 31 Oktober di Den Haag, Belanda. Kala itu, delegasi Indonesia dipimpin oleh Drs. Mohammad Hatta.

KMB berhasil membuat sekian banyak keputusan yang secara teoritis mengikat pihak-pihak yang bersengketa.

Belanda mengakui Indonesia sebagai Republik Indonesia Serikat, sebuah negara federal yang terdiri dari atas Republik Indonesia dengan ibukota di Yogyakarta dan negara federal bentukan Belanda. Sementara kedudukan Irian Barat masih harus diperundingkan lagi.

Kemudian pada 15 Desember 1949 KNIP meratifikasi hasil KMB. Keesokan harinya Soekarno dipilih sebagai Presiden Indonesia Serikat dan Ketua KNIP Mr. Assaat diangkat sebagai Acting Presiden Republik Indonesia, wilayah yang menjadi sebuah negara bagian RIS. Pada tanggal 27 Desember Ratu Juliana secara resmi mengakui kedaulatan Indonesia kepada Perdana Mentri Mohammad Hatta, di Den Haag.

2. Hari Peringatan untuk Korban Stalinisme dan Nazisme di Eropa

Dilansir dari National Today, Hari Peringatan Eropa untuk Korban Stalinisme dan Nazisme yang diperingati setiap tanggal 23 Agustus juga dikenal sebagai Hari Pita Hitam. Hari ini ditetapkan untuk memperingati para korban Stalinisme yang dilakukan oleh pemimpin Uni Republik Sosialis Soviet (U.S.S.R.) Joseph Stalin dan korban Nazisme yang dilakukan oleh diktator Jerman Adolf Hitler.

Tanggal 23 Agustus 1939 adalah saat perjanjian Molotov-Ribbentrop ditandatangani. Perjanjian tersebut antara Uni Soviet dan Jerman. Tak lama setelah ditandatangani, Perang Dunia Kedua dimulai. Hari itu untuk mengenang para korban perbuatan menghebohkan yang terjadi pada masa itu.

3. Hari Bendera Nasional di Ukraina

Masih dilansir dari National Today, Hari Bendera Nasional di Ukraina dirayakan pada tanggal 23 Agustus setiap tahun. Bendera adalah salah satu simbol nasional negara. Ini adalah bendera dengan bentuk geometris biasa seringkali persegi panjang dengan warna khusus.

Warna bendera mencerminkan tradisi nasional dan mengidentifikasi suatu daerah tertentu. Liburan ini didirikan untuk menghormati sejarah pembangunan negara Ukraina yang berusia berabad-abad, simbol negara Ukraina merdeka, dan untuk mendidik warga negara untuk menghormati simbol nasional.

4. Hari Penerbangan Murah

Melansir dari National Today, mudah-mudahan, anda para penjelajah dunia menandai kalender Anda untuk Hari Penerbangan Murah, 23 Agustus, jauh sebelumnya. Meskipun banyak orang mengasosiasikan akhir Agustus dengan belanja kembali ke sekolah, wisatawan yang sadar biaya menantikan ini sebagai musim diskon tiket pesawat.

Dengan kembalinya anak-anak ke sekolah dan liburan musim panas yang akan segera berakhir, sekaranglah waktunya untuk memanfaatkan penawaran perjalanan akhir musim. Jangan lewatkan panggilan boarding terakhir anda ihat penawaran murah itu hari ini.

Semoga artikel ini makin menambah wawasan anda.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *